JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Surati Gubernur Jateng, Forum Serikat Buruh Karanganyar Tetap Ngotot Minta UMK Karanganyar Naik Jadi Rp 2.135 Juta

Ilustrasi demo buruh menolak UMK. Foto/istimewa

 

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Forum Komunikasi Serikat Buruh Karanganyar (FKSK) mengirimkan surat kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo agar memberikan perhatian supaya Upah Minimum Kabupaten (UMK) 2021 di Karanganyar segera dinaikkan.

Tak tangung-tanggung, kali ini usulan kenaikan FKSBK sebesar Rp 2.135.000 atau naik sekitar 4% dari sebelumnya.

Ketua FKSBK, Eko Supriyanto mengatakan tujuan mengirim surat kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo adalah agar gubernur segera mendorong Bupati atau Walikota di Jateng segera menaikkan UMK untuk 2021.

Baca Juga :  Bertabur Hadiah Senilai Rp 100 Juta Pada HUT Bhayangkara ke-76, Ribuan Warga Menyatu Bersama Kapolres Karanganyar AKBP Danang Kuswoyo SIK

Adapun dasarnya adalah gubernur sudah memutuskan menaikkan Upah Minimum Provinsi (UMP) untuk 2021 sebesar 3.7% sehingga bisa dijadikan acuan untuk kenaikan kabupaten/kota di Jateng.

Meskipun besaran kenaikan UMK tidak harus sama dengan UMP alias menyesuaikan kondisi.

Baca Juga :  Kepada Petani Durian di Jumantono, Tim Pengabdian Fakultas Ekonomi Unisri Gelar Pelatihan Digital Marketing dan Akuntansi

“FKSBK sudah sepakat bulat kenaikan UMK Karanganyar 4 % itu realistis yakni menjadi Rp 2.135.000,” tandasnya.

Angka tersebut, menurut Eko sudah didasarkan pada berbagai variabel termasuk Kebutuhan Hidup Layak KHL serta berdasar laju pertumbuhan ekonomi dan laju inflasi.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua