JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah

Hujan Tak Henti, 3 Desa di Kemangkon Purbalingga Direndam Banjir. Puluhan Warga Diungsikan ke Balai Desa, Tempat Ibadah Hingga Sekolahan

Foto/Humas Polda

IMG 20201213 WA0028 750x536 1
Foto/Humas Polda

PURBALINGGA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sejumlah Desa di wilayah Kemangkon kembali terendam banjir, Sabtu (12/12/2020) malam. Penyebabnya adalah hujan deras yang mengguyur sejak sore hingga malam hari.

Kapolsek Kemangkon, Iptu Damar Iskandar mengatakan bahwa banjir melanda tiga desa yaitu Desa Jetis, Desa Toyareka dan Desa Gambarsari.

Penyebabnya akibat debit air di Sungai Klawing naik saat hujan deras turun, hingga masuk ke pemukiman.

“Tidak ada korban jiwa akibat banjir tersebut. Namun banjir merendam sejumlah pemukiman warga di sejumlah desa sehingga warga diungsikan sementara di tempat yang aman,” kata Kapolsek saat dikonfirmasi, Minggu (13/12/2020).

Baca Juga :  Berkomplot Jadi Teroris, Mertua dan Menantu Ditembak Mati. Ternyata Profesinya Hanya Jualan Bensin Eceran dan Nasi Kuning

Kapolsek menjelaskan bahwa tadi malam sudah dilakukan evakuasi warga dari lokasi banjir.

Evakuasi dilakukan personel Polsek Kemangkon bersama petugas dari BPBD, TNI, SAR dan relawan. Warga Diungsikan sementara ke balai desa, tempat ibadah maupun sekolahan.

“Pagi ini air yang menggenang pemukiman sudah berangsur-angsur surut. Sebagian warga sudah kembali ke rumah untuk membersihkan rumah akibat banjir,” ucapnya.

Baca Juga :  3 Tanggul Burikan Klaten Jebol, 45 Hektare Sawah Warga Terendam. Pemkab Salurkan Bantuan

Kapolsek menambahkan untuk kerugian akibat banjir masih dalam pendataan. Setidaknya ratusan rumah dari tiga desa tersebut sempat tergenang air dari luapan Sungai Klawing.

“Kita imbau warga di lokasi rawan untuk waspada terjadinya banjir susulan. Karena beberapa hari terakhir hujan turun deras dan berpotensi menyebabkan banjir kembali,” pungkasnya. Edward