JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Awas, Malam Tahun Baru Ruas Jalur Karanganyar Kota Ditutup Total Mulai Pukul 18.00 WIB. Pedagang Diminta Libur Dulu, Yang Nekat Kerumun Bakal Dikarantina

Kapolres Karanganyar, AKBP Leganek Mawardi. Foto/Beni Indra

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM -Guna memastikan pada malam Tahun Baru di Kabupaten Karanganyar terbebas dari kerumunan orang maka Polres Karanganyar bersama Pemkab setempat sudah menyiapkan berbagai jurus jitu.

Yakni dimulai dengan ditutupnya secara total Jalan Lawu ruas Papahan-Bejen juga dilakukan patroli keliling.

Kemudian pelarangan pedagang berjualan bagi pedagang kaki lima Hingga langkah terakhir sanksi karantina seketika jika tertangkap berkerumun.

Kapolres Karanganyar, AKBP Leganek Mawardi mengatakan penutupan ruas jalan Papahan-Bejen dilakukan Kamis (31/12/2020) tepat pukul 18.00 WIB hingga Jumat pagi (01/01/2022) pukul 04.00 WIB.

Selain itu volume kendaraan disepanjang Bejen-Tawangmangu dibatasi dengan rekayasa lalu lintas guna mencegah kemacetan yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

Baca Juga :  Ini Daftar 10 Pejabat dan Tokoh di Karanganyar yang Pertama Kali Bakal Merasakan Suntikan Vaksin Covid-19. Ketua DPRD Imbau Masyarakat Tak Gubris Hoax Vaksin!

Kapolres mengatakan hasil kordinasi dengan Bupati Karanganyar bersama Forkompimda maka segala jurus guna mencegah kerumunan dilakukan.

“Dimulai Kamis sore ruas jalan Papahan-Bejen kita tutup total, selanjutnya kebijakan pelarangan berjualan bagi pedagang kaki lima dilaksanakan. Malamnya patroli gabungan tanpa henti akan berkeliling hingga Tawangmangu maka jika nanti ada yang ngeyel diperingatkan untuk berkerumun langsung kita hukum dikarantina paksa,” tandasnya.

Untuk itu, Kapolres menghimbau karena ketatnya pengawasan sebaiknya warga Karanganyar taat dan bagi warga luar tidak perlu masuk Karanganyar.

Pasalnya personel gabungan disiagakan hampir disemua tempat di wilayah Karanganyar guna mencegah terjadinya kerumunan atas alasan apapun.

“Seperti himbauan pemerintah sebaiknya malam Tahun Baru dirumah saja karena covid-19 masih mengintai di manapun,” ujarnya.

Baca Juga :  Geger Pernikahan Berujung Petaka di Karanganyar, Pengantinnya Positif Terpapar Covid-19, 7 Keluarganya Juga Tertular Positif. Puluhan Pelayan yang Rewang Ketahuan Ikut Positif, Tamu-Tamunya Bagaimana?

Sementara, Bupati Karanganyar Juliyatmono menegaskan semua perencanaan mencegah penyebaran covid termasuk pada malam Tahun Baru sudah berjalan sesuai rencana.

Termasuk penutupan satu hari saja pada pedagang kaki lima di kawasan Alun-Alun dan Taman Pancasila dan sekitarnya untuk libur berjualan demi kepengan bersama mencegah penyebaran covid.

“Sudah saya sampaikan mohon keikhlasan sehari saja untuk tidak berjualan karena kawasan kaki lima rawan terjadi kerumunan orang,” ujarnya.

Pantauan JOGLOSEMARNEWS.COM pada Kamis (31/12/2020) petang terlihat kawasan kaki lima sepi senyap. Selain itu juga terlihat ruas jalan Papahan-Bejen lengang karena sudah ditutup. Beni Indra