JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Bantu Pasien Covid-19 Dapatkan Plasma Convalescent, UNS Galang Donor Darah dari Penyintas Corona

Rektor UNS, Prof Dr Jamal Wiwoho turut mendonorkan darahnya. Foto: Dok UNS
ย ย ย 

 

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“ Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar donor darah, khususnya pendonor dari penyintas Covid-19. Bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Solo, pelaksanaan donor darah dilakukan di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS, Selasa (29/12/2020).

Untuk donor darah kali ini, mencoba memobilisasi para penyintas Covid-19 yang sudah sembuh dari kalangan sivitas akademika UNS. UNS melakukan pendataan untuk sivitas akademika UNS yang sembuh dari Covid-19, sebagai calon pendonor plasma convalescent untuk membantu rekan yang terkena Covid-19 gejala berat.

Bertema โ€œUNS Peduli Covid – Selamatkan Sesamaโ€, donor darah kali ini diikuti pendonor dari kalangan sivitas akadamika dari berbagai fakultas dan lembaga. Tak ketinggalan, Rektor UNS Prof Dr Jamal Wiwoho turut mendonorkan darahnya.

Baca Juga :  BPKH Berangkatkan 960 Pemudik Asal Solo "Balik Kerja" Gratis

Jamal Wiwoho mengatakan, bahwa pendonor plasma convalescent sangat dibutuhkan untuk menolong pasien yang terkena Covid-19. Karena itu, pihaknya bergerak mengajak penyintas Covid-19 untuk mau mendonorkan darahnya.

“Setelah kami data, ada 27 sivitas akademika yang bersedia untuk menjadi pendonor plasma convalescent. Kebetulan 27 orang tersebut pernah positif Covid-19 dan sudah dinyatakan sembuh,” terang Prof. Jamal.

Untuk mendukung kesuksesan kegiatan tersebut, Prof. Jamal mengajak segenap pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa dan alumni UNS serta para penyintas Covid-19 untuk berpartisipasi mendonorkan darahnya sesuai pembagian waktu yang telah ditetapkan.

“Jadi pelaksanaan donor darah ini tetap menerapkan protokol kesehatan. Pukul 08.30-10-30 untuk FH,FEB, FKIP dan FP. Lalu pukul 10.30-12.30 untuk FT, FISIP, FMIPA dan FKOR. Kemudian pukul 12.30-13.00 istirahat dan pukul 13.00-15.30 untuk FSRD, FIB, FK, Biro, Lembaga, Sekolah Vokasi, Pascasarjana, Rumah Sakit dan UPT,” ujar Prof. Jamal.

Baca Juga :  Kasus Catering di Solo Kena Tipu Hampir 1 Miliar, Ternyata Menantu Tipu Mertua dan Istrinya Sendiri

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Donor Darah UNS, Prof. Reviono menambahkan, bahwa selama pandemi Covid-19,ย  stok darah di PMI mengalami penurunan. Terlebih menjelang tahun baru, kemungkinan kebutuhan darah akan meningkat.

“Kegiatan ini merupakan dari kepedulian UNS untuk sesama.ย  Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk sesama. Dan dari penyelenggara mengucapkan terima kasih kepada sivitas akademika UNS yang telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah ini. Dan Alhamdulillah, pendonor terlihat sangat antusias,” ujar Prof. Reviono. (A Syahirul)

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com