JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unisri Gelar Pengabdian Masyarakat di YPAC Surakarta


SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Mahasiswa mempunyai peran besar dalam membangun masyarakat. Salah satunya adalah melalui Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-M).

Atas dasar itulah tim PKM-M Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unisri dari Prodi Akuntansi dan Manajemen melakukan pengabdian masyarakat di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Surakarta.

Mereka terdiri dari Gabriella Arsani Linggom Silalahi (Akuntansi), Maishela Pramudita (Akuntansi), Hana Mega Sari (Manajemen), Yudha Prosto Skenoma (Manajemen), dan Zain Urfuthoh Al Azhar (Akuntansi).

Grabriella Arsani Linggom Silalahi selaku ketua PKM-M, Kamis (10/12-2020) di Ruang Humas mengatakan kegiatan yang dilakukan berupa Program Pendampingan Model Pembelajaran Untuk Anak Difabel Melalui Media Tanam Hidroponik.

Baca Juga :  Unisri Surakarta Cover Biaya Perawatan Mahasiswa Terpapar Covid-19

Kegiatan itu sambut baik oleh pengelola maupun anak-anak YPAC.

“Pengabdian kami lakukan selama tiga bulan. Mulai Oktober sampai dengan Desember. Bertujuan meningkatkan kemampuan syaraf motorik anak-anak difabel dan meningkatkan kecerdasan dalam bercocok tanam melalui media Hidroponik untuk tanaman kangkung dan sawi, ” ungkapnya, sebagaimana dikuyip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Lebih lanjut, Grabriella memaparkan, sistem hidroponik yang digunakan adalah sistem Nutrient Film Technique (NFT).

Baca Juga :  10.000 Anak Panti Asuhan Indonesia akan Mendapatkan Buku Bacaan

Pertimbangannya, karena kebutuhan air yang tercukupi, keseragaman serta tingkat konsentrasi nutrisi dapat disesuaikan dengan umur dan jenis tanaman.

“Tanaman dapat tumbuh lebih cepat. Setelah 1 minggu, bibit kangkung dan sawi yang berada dalam pipa hidroponik siap dipanen. Kami sudah dua kali memanen bersama anak-anak YPAC, ” ungkapnya dengan penuh rasa syukur dan bahagia.

Dari kegiatan ini tim PKM-M berharap anak-anak difabel dapat memahami dan mengerti serta mempraktekan ilmu yang telah diajarkan, sehingga bermanfaat dan menjadi bekal bagi masa depan mereka. suhamdani