JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Sterilisasi Gereja Jelang Natal, Polresta Solo Larang Jamaah Membawa Tas

Tim Polresta Surakarta bersama Detasemen C Pelopor Satbrimob Polda Jateng melakukan sterilisasi Gereja St Petrus Purwosari yang akan digunakan untuk menjalankan peribadatan Malam Natal dan Natal, Rabu (23/12/2020). Foto: JSNews/Prabowo

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Sterilisasi gereja dilakukan tim Polresta Surakarta bersama Detasemen C Pelopor Satbrimob Polda Jateng yang akan menjalankan peribadatan Malam Natal dan Natal, Rabu (23/12/2020).

Operasi yang dipimpin Kabag Ops Polresta Surakarta, Kompol I Ketut Sukarda itu menyisir ke berbagai gereja. Setiap jengkal wilayah gereja tak luput dari penyisiran.

Petugas menggunakan metal detektor mengecek seluruh titik di tempat ibadah tersebut. Sukarda memaparkan, antisipasi kerawanan menjadi perhatian penting pihak kepolisian.

Baca Juga :  Digugat Praperadilan Oleh Kuasa Hukum 'Koboy' Lukas Jayadi, Begini Jawaban Santai Kasatreskrim Polresta Solo

“Nantinya personil bersenjata laras panjang juga sudah kita tempatkan ditiap-tiap gereja,” kata Sukarda mewakili Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak usai sterilisasi.

Dia menjelaskan, kepolisian sudah menggelar rapat koordinasi dengan seluruh pengurus gereja.Ada beberapa hal yang jadi penekanan diantaranya umat diminta tidak membawa tas ketika datang.

Baca Juga :  Kasus Pembunuhan Sadis Banyuanyar, Kuasa Hukum Gus Cholil Berniat Ajukan PK, Ada 2 Poin Penting Salah Satunya Transfer ke Seorang Dukun

Selanjutnya, lanjut Sukarda, mobil maupun motor dilarang berheti didepan gereja apapun alasannya, titik drop off lima meter dari lokasi gereja. Sukarda menambahkanm selain melakukan penyisiran, pihaknya juga mengecek kesiapan ptotokol kesehatan (prokes) di gereja.

“Kita minta pendampingan internal untuk mengawasi apakah orang yang masuk benar umat mereka arau bukan,” tegasnya. Prabowo