JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

HUT Istimewa, DPC PDIP Karanganyar Tanam 1000 Pohon Buah-buahan di 17 Kecamatan. Bagus Selo: Semoga Kelak Bermanfaat!

Bagus Selo. Foto/Beni

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM -Seakan berpacu dengan waktu awal diterapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat PPKM yang dimulai Senin (11/01/2021), DPC PDIP Karanganyar menggelar acara penanaman pohon di 17 kecamatan. Acara tersebut merupakan rangkaian peringatan HUT PDIP Ke-48.

Acara yang melibatkan ratusan orang pengurus PAC & Ranting serta Anak Ranting itu sengaja digelar Senin (11/1/2021) karena bekejaran dengan waktu diterapkannya PPKM yang banyak pembatasan kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

Untuk itulah acara tersebut dipisah dibagi per desa agar tidak berkerumun.
Ketua DPC PDIP Karanganyar, Bagus Selo mengatakan karena menunggu berakhirnya PPKM butuh waktu 14 hari maka acara penanaman pohon ini menyesuaikan jadwal seiring diterapkan PPKM se Jawa-Bali.

Baca Juga :  Sederhana tapi Sarat Makna, HUT ke-48 PDIP di Sragen Diisi Penanaman Pohon dan Bagi Tumpeng. Ketua DPC: Jaga Lingkungan untuk Anak Cucu Kita!

“Kami menyadari harus bisa menyinkronkan waktu dengan PPKM namun Alhamdullilah acara penanaman pohon bisa terlaksana,” tandasnya.

Meski begitu, Bagus Selo menyebut substansi acara bisa dilalui yakni menanam pohon secara terpisah dengan target seluruh desa di Karanganyar berhasil ditanami. Penanaman langsung dilakukan kader PAC, Ranting dan Anak Ranting PDIP se Karanganyar.

Adapun jumlah pohon sebanyak 1000 bibit yang ditananam ditiap desa. Sedangkan targetnya adalah penghijauan kembali untuk kemanfaatan alam dan warga.

“Ada pohon buah-buahan serta pohon produktif yang ditanam diharapkan bisa tumbuh besar sehingga kelak bermanfaat,” ujarnya.

Baca Juga :  Ketua DPC PDIP Karanganyar Siapkan Karpet Merah untuk Rober Christanto Maju Pilkada 2024. Sinyal Tutup Pintu untuk Kader Lain?

Menurut Bagus Selo penanaman pohon bukan hanya untuk menunggu buahnya saja tetapi yang utama adalah fungsi edukasi. Tapi perlunya menjaga keseimbangan alam harus dijaga lestari agar tidak ada erosi, banjir longsor dan bencana lainnya.

Menurutnya disadari atau tidak saat ini banyak lingkungan yang kurang seimbang katena volume pohonnya mulai berkurang sehingga berpotensi menimbulkan bencana termasuk longsor yang sering terjadi. Untuk itu saatnya masyarakat diingatkan kembali akan pentingnya pohon.

“Program pemerintah pusat adalah menanam sejuta pohon. Disini DPC PDIP turut serta mendukung program tersebut dengan melakukan penanaman pohon di desa-desa,” ungkapnya. Beni Indra