JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Antisipasi Lonjakan Pasien Covid-19 Pascaliburan, Menkes Izinkan Perawat Tanpa Surat Tanda Registrasi Bisa Langsung Bekerja di RS

Ilustrasi tenaga kesehatan. Foto: pixabay.com
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengambil langkah relaksasi aturan guna mengantisipasi lonjakan pasien Covid-19 pascalibur Natal dan Tahun Baru.

Relaksasi aturan yang diambil yakni dengan memberi izin kepada sebanyak 10.000 perawat tanpa Surat Tanda Registrasi (STR) untuk dapat langsung bekerja menangani pasien Covid-19 di rumah sakit.

“Pasti akan kekurangan dokter dan perawat. Saya sudah merelaksasi beberapa aturan yang mengizinkan perawat-perawat yang belum memiliki Surat Tanda Registrasi atau STR resmi agar boleh langsung masuk bekerja,” jelas Menkes Budi saat konferensi pers, pada Senin (11/1/2021).

Baca Juga :  Masinton Sebut Tak Ada Urgensinya Megawati Temui Presiden Jokowi

Selain itu, Budi juga mengaku sedang melakukan kajian bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) agar relaksasi tersebut dapat diberlakukan untuk para dokter. Menurutnya, terdapat sekitar 4.000 dokter yang dapat diperbantukan untuk mengantisipasi lonjakan pasien Covid-19.

“Jadi, di masa pandemi ini memang kita butuh juga tenaga-tenaga perawat karena kasihan mereka juga sudah letih yang ada sekarang. Jadi, kita akan dorong aturan apa yang bisa kita relaksasi,” ucapnya.

Baca Juga :  Usai Lengser Jokowi Masih Ingin Punya Pengaruh? Pakar: Bisa Lewat Gibran, Asalkanโ€ฆ

Selain itu, pemerintah juga akan menambah pengadaan obat dan fasilitas untuk meningkatkan penanganan pasien Covid-19. Budi menyebut, pemerintah akan menyiapkan obat-obat yang dibutuhkan, seperti immunoglobulin, anti-interleukin-6, plasma konvalesen, dan juga fasilitas lain yang dibutuhkan.

“Tapi saya mengimbau rumah sakit-rumah sakit di bawah saya punya anggaran sendiri, kemudian pemda-pemda juga tolong dibantu obat-obatan, fasilitas ini disiapkan,” tambahnya.

Menkes berjanji akan membantu menyediakan kebutuhan obat-obatan yang sulit didapatkan, seperti immunoglobulin dan anti-interleukin-6 dengan memanggil para produsennya.

www.republika.co.id

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com