JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

BPPTKG Catat, Gunung Merapi Miliki 2 Kubah Lava, di Tengah dan Sisi Barat

Erupsi Gunung Merapi Kamis (2/4/2020) sore.Twitter @BPPTKG.
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM –  Gunung Merapi  terindikasi akan memiliki dua kubah lava. Selain di bagian tengah kawah, kubah lava kedua juga teramati di sisi lereng sebelah barat.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta menyatakan pada fase erupsinya kali ini Gunung Merapi 

“Dampak jika Merapi terkonfirmasi memiliki dua kubah lava dan semuanya berkembang, tentu potensi bahayanya (meningkat),” ujar Kepala BPPTKG Hanik Humaida Sabtu (9/1/2021).

Hanik menuturkan, misalnya kubah lava utama yang di bagian tengah tidak berkembang, maka potensi ancaman awan panas ke arah Kali Gendol juga kecil.

Yang sudah jelas terlihat perkembangannya justru kubah lava di lereng barat yang luncuran awan panasnya sudah mengarah Kali Krasak dengan jarak kurang dari satu kilometer.

Baca Juga :  Selama Libur Lebaran 2024, Terjadi 9 Kecelakaan Laut di Wilayah DIY

“Ini menjadi fenomena cukup jarang terjadi karena biasanya kubah lava saat Merapi erupsi hanya satu dan di bagian tengah,” katanya.

Hanik menambahkan, volume kubah lava yang tampak berkembang saat ini, yakni di bagian lereng barat, juga masih terlalu kecil. Sehingga BPPTKG masih belum bisa menghitung kepastian volumenya.

Terlebih, karena posisi kubah lava baru itu ada di lereng yang membuatnya juga tidak stabil. Karena, begitu lava muncul maka kubah itu dalam sekejap langsung menjadi lava pijar.

Hanik mengatakan sampai sekarang, fenomena lava pijar akan terus mewarnai fase erupsi Gunung Merapi.

Selama masih ada pergerakan magma dari dalam ke permukaan berarti lava pijar dan awan panas itu masih belum diprediksi kapan klimaks dan berhenti.

Baca Juga :  Diduga Hendak Berbuat Kriminal, Remaja Yogya Ini Panik dan Lari Tinggalkan Motor Begitu Saja

“Hal ini juga masih diindikasikan dengan adanya seismitas yang masih tinggi,” ujarnya.

Meski sudah memasuki fase erupsi awal dan meluncurkan tak kurang 5 kali awan panas serta puluhan kali guguran lava pijar 1-9 Januari ini, status Gunung Merapi masih Siaga. 

“Ancaman bahaya belum berubah, tetap dalam radius 5 km,” ujar Hanik.

Pada hari ini, Sabtu 9 Januari 2021, BPPTKG mencatat Gunung Merapi sempat mengeluarkan sekali semburan awan panas dengan jarak luncur 600 meter arah hulu Kali Krasak.

 Pada hari ini pula, periode pengamatan 00.00-12.00 WIB, Merapi tak kurang mencatatkan 22 kali guguran lava pijar dengan jarak luncur maksimum 800 meter ke hulu kali yang sama.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com