JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Diguyur Hujan Berjam-Jam, Sragen Utara Dilanda Banjir Bandang. Empat Sungai Meluap, 5 Dukuh Tergenang Hingga 75 Sentimeter

Tim relawan BPBD dan PMI Sragen saat menerjang genangan banjir bandang di Sukodono untuk menyisir warga yang terdampak, Rabu (27/1/2021) malam. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Musibah banjir bandang melanda kawasan Sragen Utara, Rabu (27/1/2021) petang. Hujan deras yang mengguyur sejak siang memicu sejumlah sungai di Kecamatan Sukodono dan Mondokan, meluap hingga memicu banjir.

Tercatat ada puluhan rumah di 5 Dukuh di 3 desa yang terendam banjir. Tak hanya itu banjir juga menggenangi sejumlah ruas jalan utama hingga areal persawahan.

Data yang dihimpun di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sragen, banjir bandang itu terjadi mulai pukul 16.00 WIB. Pemicunya adalah hujan deras tanpa henti yang mengguyur sejak pukul 15.00 WIB.

Baca Juga :  Hendak Menyeberang Jalan, Pasutri Kakek Nenek Kecelakaan Maut Dipenggal Pemotor Muda, Sang Istri Tewas Seketika

Menurut sejumlah warga, guyuran hujan itu membuat sungai-sungai meluap lalu mengalir ke permukiman. Salah satu warga Kedawung, Mondokan, Tarno (42) menuturkan air mulai naik sesaat usai hujan deras mereda.

Luapan makin tinggi menjelang magrib dan sebagian sudah memasuki rumah. Bahkan ketinggian air ke rumah warga di dekat sungai, mencapai lebih dari 50 sentimeter.

“Hujannya kemarin sangat deras sekali. Habis itu air sudah nggak tertahan, meluap sampai jalan dan masuk rumah,” paparnya, Kamis (28/1/2021).

Baca Juga :  Mukjizat Nyata, Motor Hancur Lebur Tersambar Kereta Api, 2 Pengendara Asal Mondokan Sragen Ternyata Ditemukan Selamat

Kepala Pelaksana Harian BPBD Sragen, Sugeng Priyono menyampaikan dari data hasil monitoring di lapangan, total ada lima dukuh di 3 desa di Kecamatan Mondokan dan Sukodono yang dilanda banjir.

Menurutnya banjir dipicu meluapnya empat sungai yang melintasi dua kecamatan itu. Di antaranya Sungai Tempuran di Desa Kedawung Mondokan, Sungai Kali Pojok Desa Majenang Sukodono, Sungai Juwok di Desa Juwok Sukodono dan Sungai Sridarto di Desa Baleharjo Sukodono.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua