JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Dua Prodi FKOR UNS Raih Akreditasi A

   

SOLO, JOGLOSEMARMEWS.COM — Dua Program Studi dari Fakultas Keolahragaan (FKOR) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mendapatkan akreditasi A. Dua Prodi tersebut yaitu Pendidikan Kepelatihan Olahraga (Penkepor) dan Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek) suskes meraih akreditasi A pada Selasa (5/1/2021).

Akreditasi tersebut tercantum dalam Surat Keputusan (SK) BAN-PT Nomor : 137/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/I/2021 untuk Prodi Penkepor dan SK BAN-PT Nomor : 106/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/I/2021 untuk Prodi Penjaskesrek. Wakil Dekan bidang Akademik, Riset dan Kemahasiswaan FKOR UNS, Rony Syaifullah mengatakan, bahwa akreditasi ini memerlukan perhatian pada data-data yang ada di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI) terkait jumlah rasio dosen dan mahasiswa untuk kelancaran akreditasi.

Baca Juga :  Keseruan Melihat Anak Hariamau Benggala di Solo Safari Saat Libur Lebaran

“Untuk akreditasi dua Prodi S1 di FKOR yaitu Penjaskesrek dan Penkepor, sebenarnya masa habisnya kan Desember 2020. Sesuai keputusan Mendikbud tahun 2020, maka bagi Prodi yang sudah A dan habis masanya akan diberikan perpanjangan otomatis, namun harus diperhatikan data-data yang ada di PDDIKTI yaitu terkait dengan jumlah rasio dosen dan mahasiswa,” urainya, Senin (11/1/2021).

Sehingga untuk data-data yang diverifikasi adalah data-data yang sudah ada di sana, kemudian BAN-PT sebagai lembaga yang memberikan penilaian untuk akreditasi mengadakan Pleno di Jakarta. Selanjutnya, hasil Pleno tersebut, kedua Prodi S1 di FKOR diputuskan tetap terakreditasi A oleh BAN PT.

Baca Juga :  Soal Koalisi Dengan PDIP, Gibran: Semua Bisa Dibicarakan

“Proses pengajuan perpanjangan akreditasi dimulai surat dari Prodi ke Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) dan melalui Korbid Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) LPPMP UNS, Dr. Muhammad Rohmadi yang mengawal proses perpanjangan tersebut sampai ke BAN-PT,” tutur Rony.

Pada proses akreditasi ini, hanya melalui sidang Pleno saja sehingga tidak ada asesmen lapangan. Rony mewakili pihak FKOR mengucapkan terima kasih kepada pihak yang turut andil dalam kesuksesan akreditasi ini. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com