JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Jatam: Banjir Kalsel Akibat Alih Fungsi Hutan Jadi Tambang dan Sawit

tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Banjir bandang yang terjadi di Kalimantan Selatan bukan terjadi secara spontan. Melainkan akibat jangka panjang dari sebua kebijakan.

Menurut pandangan Kepala Kampanye Jaringan Anti Tambang (Jatam) Nasional, Melky Nahar, banjir yang merendam ribuan rumah itu terjadi akibat alih fungsi hutan menjadi tambang dan sawit.

“Banjir yang terjadi, tampaknya akibat tata guna lahan yang amburadul akibat kawasan hutan berganti menjadi kawasan tambang dan sawit,” kata Melky kepada Tempo, Minggu (17/1/2021).

Melky mengatakan antara titik-titik banjir dari hulu ke hilir tampak terdapat konsesi tambang perusahaan di sana.

Baca Juga :  Pemindahan ASN ke IKN Dimulai September 2024, Yang Sudah Menikah Boleh Bawa Keluarganya

Berdasarkan data Jatam, terdapat 177 konsesi di sejumlah kabupaten yang terdampak banjir.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana sebanyak 7 Kabupaten Kota terdampak banjir Kalsel.

Daerah itu ialah Kabupaten Tapin, Kabupaten Banjar, Kota Banjar Baru, Kota Tanah Laut, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Balangan dan Kabupaten Tabalong.

Menurut Melky, pekerjaan mendesak dan sangat penting bagi pemerintah adalah evaluasi rencana tata ruang wilayah atau pemanfaatan lahan dan hutan di Kalsel secara keseluruhan.

Baca Juga :  Di MK Banjir Amicus Curiae, di Kawasan Patung Kuda Banjir Massa Berunjuk Rasa, Kubu Prabowo-Gibran Batalkan Aksi

“Sebab, dari data-data yang ada jelas menunjukkan soal betapa lahan dan hutan, hulu hilir, telah banyak yang beralih fungsi jadi kawasan tambang dan perkebunan sawit,” ujarnya.

Ia juga meminta pemerintah melakukan penegakan hukum, mencabut izin-izin tambang dan sawit di kawasan esensial bagi lingkungan dan rakyat.

Selain itu, pemerintah juga harus memulihkan kerusakan yang telah terjadi untuk merespons banjir Kalsel.

“Tanpa hal di atas, kejadian serupa akan terjadi dan kita akan mendengar ucapan basa basi dari Presiden Jokowi lagi,” kata dia.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com