JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Pelayanan Vaksinasi COVID-19 di Wonogiri Buka Sampai Jelang Dinihari, Petugas Puskesmas Rela Lembur

Vaksinasi COVID-19 bagi tenaga kesehatan di Puskesmas Wonogiri I. JSNews. Aris Arianto
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pelayanan vaksinasi COVID-19 di sejumlah Puskesmas di Wonogiri ternyata dibuka sampai menjelang dinihari. Ini dilaksanakan untuk para tenaga kesehatan yang tidak bisa divaksin ketika siang hari.

Salah satu puskesmas yang melayani vaksinasi hingga larut malam adalah  UPTD Puskesmas Wonogiri I. Di puskesmas yang berlokasi di pinggir jalan raya Wonogiri-Ponorogo iti pelayanan vaksinasi dilakukan hingga pukul 24.00 WIB.

“Awalnya sempat ada tenaga kesehatan yang tertunda divaksin karena tensinya tinggi. Kalau sebelumnya harus menunggu mendapatkan e-tiket, sekarang tidak perlu menunggu e-tiket baru, langsung datang bisa disuntik kalau memang memungkinkan. Divaksin dulu, datanya dimasukkan secara manual,” ungkap Kepala UPTD Puskesmas Wonogiri I Pitut Krisyanta Nugraha, Sabtu (30/1/2021).

Menurut dia, ada sejumlah alasan kenapa tempatnya melayani penyuntikan vaksin jenia sinovac untuk tenaga kesehatan hingga larut malam. Salah satunya adalah puskesmas tersebut mudah dijangkau dan para petugas juga siap dikerahkan sewaktu-waktu.

Baca Juga :  Kenapa Harus Piknik ke Objek Wisata Air di Wonogiri? Listnya Pantai Klothok Nampu hingga Waduk Gajah Mungkur

“Selain itu, memfasilitasi tenaga kesehatan yang tidak bisa melakukan vaksinasi di siang hari karena sibuk bekerja. Mampir kesini bisa,” ujar dia.

Dikatakan, Puskesmas Wonogiri I ditunjuk untuk melakukan vaksinasi hingga larut mulai 28 Januari hingga 30 Januari. Di hari pertama lembur sudah ada 100 orang tenaga kesehatan yang divaksin.

Sejak Kamis (28/1) malam, pihaknya melakukan pelayanan vaksinasi hingga pukul 22.30 WIB. Ada tujuh petugas termasuk dirinya standby di kantor. Soal stok vaksin, kata Pitut, dijamin aman. Sebab, ketika di Puskesmas setempat stok menipis, pihaknya akan segera meminta Dinkes Wonogiri.

Baca Juga :  Cara Membedakan Jalan Nasional Provinsi dan Kabupaten, Cukup Lihat Warnanya Saja

“Banyak nakes yang dari klinik swasta. Paling jauh dari Kecamatan Sidoharjo. Tapi mayoritas dari Wonogiri Kota. Besok kemungkinan yang jauh-jauh juga kesini,” jelas dia.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Wonogiri Adhi Dharma menambahkan, pihaknya saat ini masih melakukan pemantauan perlu dan tidaknya penambahan petugas vaksin di Puskesmas Wonogiri I. Meski di faskes itu para petugasnya sampai rela lembur.
Pasalnya, jika dilihat dari tingkat kehadiran para nakes sejauh ini sudah tinggi. Diakui, bahwa ada sejumlah tenaga kesehatan yang tertunda untuk divaksin karena kondisi kesehatan tertentu.

Pada tahap vaksinasi pertama ini, sasaran vaksin sebanyak 3.730. Sampai kemarin, status vaksinasi nakes sudah mencapai 3.075 orang atau 66,26 persen. Aria

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com