JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Viral Penampakan Awan Bergulung Mirip Ular di Atas Bandara Yogyakarta, Video Beredar Luas via WhatsApp. Humas YIA: Tidak Mengganggu Penerbangan

Tangkapan layar video penampakan awan aneh di atas Bandara Yogyakarta, Jumat (15/1/2021). Foto: Instagram/jogja.terkini

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Sebuah video yang memperlihatkan kondisi langit di atas Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) beredar luas di media sosial dan aplikasi perpesanan.

Dalam video tersebut tampak awan gelap yang seolang bergulung dan memanjang sehingga menyerupai ular. Sementara di darat, sejumlah pesawat tampak terparkir.

Dilaporkan penampakan awan itu terjadi pada Jumat (15/1/2021). Hal itu pun telah dibenarkan oleh pihak otoritas Bandara Internasional Yogyakarta.

Menurut pihak Bandara Yogyakarta, awan gelap dengan bentuk yang tak biasa itu terpantau bergerak dari laut selatan mulai dari jam 07.00 WIB sampai jam 08.20 WIB. “Tapi awan itu melintas di atas bandara sekitar 10 menit,” ujar Kepala Seksi Meteorologi Bandara YIA, Warjono.

Baca Juga :  Selama Libur Lebaran, 65.000 Orang Tumpah di Pantai Gunungkidul dan Bantul

Warjono menuturkan fenomena awan hitam itu merupakan awan Arcus atau disebut juga roll cloud. “Hal ini terjadi karena adanya pertemuan massa udara hangat dan dingin,” ujarnya.

Massa udara hangat dari laut dan massa udara dingin dari darat itu yang memicu terbentuknya awan bergulung seperti ombak. Awan jenis ini biasanya diikuti hujan dan turbulensi. Namun selama kejadian yang terekam dalam video, tidak terpantau pergerakan angin yang signifikan.

Baca Juga :  Ini Upaya Desa Sumbermulyo, Bambanglipuro Bantul Hadapi Pemudik Nekat dan Berhasil Lolos Penyekatan

Sementara itu, Humas Bandara Internasional Yogyakarta, Dika, mengatakan, meski terjadi fenomena awan gelap bergulung itu, namun pihaknya melaporkan bahwa operasional bandara berjalan seperti biasa.

Diunggkapkan Dika bahwa tidak ada penerbangan yang terdampak kemunculan awan bergulung menyerupai ular itu. “Semua jadwal penerbangan dari pagi sampai sore normal, tidak ada delay dan pembatalan,” ujarnya.

www.tempo.co