JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Waspada, Tebing Sisi Selatan Jalan Tembus Tawangmangu-Magetan Karanganyar Rawan Longsor. Sudah Beberapa Kali Kejadian, Terakhir Kemarin Malam!

Longsor Jalan Tembus Tawangmangu-Magetan. Foto/Istimewa.

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM
Hujan deras dengan intensitas tinggi yang terjadi di wilayah Karanganyar dalam kurun waktu seminggu terakhir, mengakibatkan tebing jalan tembus tawangmangu longsor pada hari Kamis (28/01/2021) malam.

BPBD setempat mengingatkan kepada warga dan pengendara bahwa tebing jalan tembus sisi selatan memang sangat rawan.

Beruntung dari kejadian terakhir kemarin malam, tidak ada korban jiwa. Hanya saja, 60 persen jalan yang menuju ke arah Jawa Timur tersebut, tertutup material longsor.

Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar Sundoro Budi Karyanto kepada wartawan menyampaikan, sampai saat ini pihaknya bersama Forkompimca kecamatan Tawangmangu serta para relawan masih membersihkan material longsor dari jalan.

Baca Juga :  Kasus Kakek Bunuh Cucu dengan Cangkul di Karanganyar, Kapolres Minta Penyelidikan Mendalam untuk Ungkap Motifnya

“Proses membersihkan material longsor masih berjalan dengan menggunakan dua alat berat. Sekarang arus lalu lintas mulai lancar,” paparnya.

Sundoro menguraikan saat musim penghujan, jalan tembus ini, terutama di sisi selatan memang sangat rawan. Beberapa kali di titik itu juga sudah sering mengalami longsor.

“Untuk penanganan agar tidak terulang, saat ini masih dikaji. Ini kewenangan provinsi. Nanti menunggu hasil evaluasi,” tandasnya.

Baca Juga :  Duh Gusti, Janda Asal Solo Digerebek Saat Asyik Mesum dengan Brondong Malam-Malam di Alun-Alun Karanganyar. Mengaku Kangen-Kangenan, Akhirnya Jadi Lupa Daratan

Sementara, Camat Tawangmangu Rusdiyanto menjelaskan, lokasi tersebut menjadi langganan longsor. Bahkan longsor yang terjadi tahun lalu, mengakibatkan satu warga meninggal dunia akibat tertimpa material longsor.

“Lokasinya di Panggonan Kopi di Gondosuli. Di lokasi itu, awal tahun kemarin juga terjadi longsor yang menyebabkan korban jiwa. Saat musim penghujan, kami mengimbau agar pengguna jalan tetap hati-hati saat melintas,’’ katanya. Wardoyo