JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Waterspout, ini yang Disebut Sebagai Angin Puting Beliung di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri, Begini Awal Terbentuknya Ternyata Terhubung dengan Sejumlah Awan Termasuk Comulonimbus

Tangkapan layar penampakan waterspout di WGM Wonogiri. Istimewa
   
Tangkapan layar penampakan waterspout di WGM Wonogiri. Istimewa

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ternyata ada istilah tersendiri untuk menyebut angin puting beliung sebagaimana terjadi di atas perairan Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri, Rabu (20/1/2021).

Istilah itu adalah Waterspout. Secara sederhananya adalah fenomena angin puting beliung yang terjadi di atas perairan, seperti waduk, laut, telaga dan sejenisnya.

Waterspout ternyata juga terhubung dengan sejumlah awan. Salah satunya Comulonimbus.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Ahmad Yani Semarang mengungkapkan mengenai fenomena puting beliung di Waduk Gajah Mungkur (WGM). Peristiwa itu disebut dengan waterspout.

Menurut Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Semarang, Iis Widya Harmoko, menerangkan awal terbentuknya Waterspout di WGM. Dimana kondisi dinamika atmosfer menunjukkan adanya sirkulasi siklonik di selatan Indonesia. Ini memicu terbentuknya belokan angin dan pertemuan angin di wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga :  Mudik Lebaran 2024, 196 Juta Perantau Bakal Pulkam

Kondisi tersebut didukung dengan massa udara yang labil serta kelembapan udara yang cukup tinggi dari lapisan bawah hingga lapisan atas. Sehingga mendukung proses pembentukan awan hujan di Jawa Tengah, termasuk wilayah Wonogiri.

Kemudian Indeks ENSO (El Nino Southern Oscillation) di NINO 3.4: -0.90 yang dapat memengaruhi peningkatan hujan di wilayah Indonesia. Selain itu fenomena MJO (Madden-Julian Oscillation) aktif tetapi tidak cukup berkontribusi terhadap proses pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia.

Sementara berdasarkan pantauan dari citra satelit dan radar, BMKG Ahmad Yani Semarang telah mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem dari pukul 13.50 WIB dan telah di-update pukul 16.25 WIB. Wonogiri termasuk salah satu wilayah yang masuk dalam peringatan dini tersebut.

Baca Juga :  SDIT Nur Rohman Slogohimo Wonogiri Gelar Sosialisasi Anti Bullying

Waterspout adalah angin puting beliung yang berada di atas permukaan air (dapat berupa danau maupun laut). Waterspout terhubung dengan beberapa awan, seperti cumulus congestus, cumuliform dan cumulonimbus.

Diberitakan sebelumnya, fenomena angin puting beliung muncul di Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri, Jawa Tengah, sore ini. Puting beliung itu muncul dengan ukuran cukup besar dan berdurasi cukup lama sekitar 10-15 menit. Aria

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com