JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Canangkan Desa Agro Wisata, Pemdes Pengkok Sragen Hadirkan Pakar Surono Danu Beri Pelatihan Produksi Pupuk Organik. Warga dan Petani Didorong Tanam Umbi-Umbian hingga Porang Maupun Apotek Hidup

Kades Pengkok, Sugimin Cokro bersama pakar pertanian Surono Danu saat berpose bersama Gapoktan dan warga dalam persiapan menuju Desa Agro Wisata, Kamis (18/2/2021). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemerintah Desa Pengkok, Kecamatan Kedawung, Sragen mulai berbenah dengan mencanangkan menuju Desa Agro Wisata.

Guna menuju program itu, Pemdes memulai dengan melakukan sejumlah persiapan di antaranya menggelar pelatihan pembuatan sarana produksi pupuk organik bagi warga dan petani setempat.

Pelatihan digelar Kamis (18/2/2021) dengan menghadirkan tokoh masyarakat, Gabungan Kelompok Tani setempat dan para petani. Tak tanggung-tanggung, Pemdes juga menghadirkan salah satu tokoh dan sesepuh pertanian setempat, Ir Surono Danu sang penemu Benih Bibit Sertani 14 dan Pakar Program Pertanian MSP (Mari Sejahterakan Petani).

Baca Juga :  Geger Kakek 72 Tahun di Karangmalang Sragen Tewas Gantung Diri. Istri dan Warga Tak Ada Yang Berani Mendekat

Kades Pengkok, Sugimin Cokro mengatakan wacana Desa Agro Wisata digagas lantaran potensi di desanya memang mayoritas didominasi sektor pertanian.

Ide menggelar pelatihan itu dimaksudkan untuk memberikan pemahaman sekaligus sosialisasi kepada warga dan petani terkait program Desa Agro Wisata.

Baca Juga :  Punya Ciri Khas, Sriyanto Saputro Sebut Karawitan Gaya Sragenan Akan Tetap Hits dan Asyik Dinikmati

“Untuk tahap awal kita lakukan persiapan untuk persiapan lahan dan penyiapan tanaman yang akan dibudidayakan. Kami mencanangkan tanaman yang dibudidayakan mulai dari apotek hidup seperti empon-empon dan obat-obatan hingga tanaman jenis umbi-umbian termasuk Porang,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Jumat (19/2/2021).

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua