JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Google Ungkap Pencairan Informasi Paling Populer Selama 2020, Apa Saja?

Google.Pixabay
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Dari data yang dikumpulkan di seluruh dunia untuk periode Januari 2020 hingga Januari 2021 lalu, Google menemukan fakta menarik terkait trend penelusuran informasi.

Google mengungkap beberapa fakta yang dianggap menarik dari tren penelusuran informasi terkait Covid-19 pada 2020.

Jika sebelumnya penelusuran untuk ‘cuaca (weather)’–sebuah kata kunci yang selalu populer dari masa ke masa. Untuk tahun 2020 yank paling populer adalah penelusuran untuk ‘virus corona (coronavirus)’. Pencarian untuk kata kunci virus corona terpantau meledak atau sangat tinggi sejak awal Maret di kala Badan Kesehatan Dunia atau WHO telah menetapkan Covid-19 sebagai pandemi.

Sebelumnya, jumlah pencarian kata kunci itu sudah sempat naik dan hampir menyamai kata kunci cuaca pada akhir Januari, tapi kemudian turun lagi. Naik lagi pada pertengahan Februari hingga mencapai puncaknya pada pertengahan Maret hingga perbandingannya lebih dari tujuh kali tingkat pencarian atau penelusuran terhadap kata kunci cuaca.

Baca Juga :  Putusan Sengketa Pilpres 2024, Tinggal Menunggu Hati Nurani dan Keberanian MK

Jumlah pencarian kembali turun dan menyamai cuaca per pertengahan Mei dan seterusnya hingga kini kembali normal, di mana jumlah pencarian cuaca lebih tinggi. Namun, itu cukup membuat secara rata-rata sepanjang tahun ini, dari Januari 2020-Januari 2021, jumlah pencarian kata kunci virus corona lebih populer.

“Ini adalah satu contoh bagaimana orang-orang lapar akan informasi mengenai virus corona yang bisa mereka percayai,” kata Simon Rogers, Data Editor, Google News Lab, saat menyampaikan data-data tersebut lewat konferensi video, Kamis pagi, 25 Februari 2021.

Fakta menarik kedua sepanjang setahun pandemi ini yang diungkap Rogers adalah orang-orang lebih sering menelusuri kata kunci ‘Tuhan’, ‘Kebahagiaan’, dan ‘Empati’. Pun dengan kata ‘Harapan (hope)’ sebagai fakta yang ketiga. “Sesuatu yang belum pernah kami lihat sebanyak ini sebelum 2020,” kata spesialis jurnalisme data itu.

Baca Juga :  Baru di Pilpres 2024 Ini MK Terima Amicus Curiae Paling Banyak

Fakta menarik keempat yang diungkap Rogers adalah orang-orang lebih sering bertanya ‘hari ini hari apa’ sepanjang setahun lalu daripada sebelumnya. Dan seperti yang pernah diungkap di akhir tahun lalu juga, sebagai fakta menarik kelima, jumlah orang yang mencari informasi olahraga mencapai titik tertinggi dengan kueri ‘lari’, ‘joging’, ‘lintas alam’, dan ‘sepeda’.

Dua fakta menarik tersisa adalah, masing-masing, orang-orang juga beralih ke Google untuk belajar membuat sesuatu dengan kata kunci how to yang diikuti: ‘masker kain’, ‘hand sanitizer’, ‘kopi dalgona’, ‘roti sourdough’, dan ‘adonan pizza’. Orang-orang di seluruh dunia yang harus tinggal di rumah saja juga menelusuri: ‘maraton nonton film’, ‘celana olahraga’, ‘cara bertemu seseorang’, ‘prank orang tua’, ‘kenapa orang suka melolong?’.

www.tempo.co

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com