JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Grafik Perjalanan Kereta 2021 Resmi Berlaku, Ini Cara Memesan Tiketnya

ilustrasi kereta / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2021 akhirnya mulai resmi diberlakukan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) pada Rabu (10/2/2021).

Hal itu dikemukakan oleh Executive Vice President Daop 1 Jakarta, Eko Purwanto. Dia  mengatakan Gapeka adalah pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api.

Perjalanan kereta api itu digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api.

“Mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan yang digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan kereta api,” kata Eko dalam keterangan tertulisnya Selasa (9/2/2021).

Khusus PT KAI Daop 1 Jakarta, Gapeka 2021 mengalami peningkatan jumlah perjalanan kereta api dari program tahun sebelumnya. Dari 1.636 perjalanan kereta api menjadi 1.662 perjalanan yang terdiri dari 93 kereta api jarak jauh, 49 kereta fakultatif, 54 kereta barang, 32 kereta lokal, 1.151 kereta commuter atau KRL, 70 kereta bandara, 65 dinas rangkaian, serta 148 dinas lokomotif.

Baca Juga :  Luhut Diminta Presiden Jokowi Koordinasikan Investasi Apple di IKN

Selain itu, PT KAI Daop 1 juga menambah kereta api lokal merak menjadi 14 perjalanan. Selain itu, terdapat pula perubahan relasi kereta api lokal Walahar menjadi Cikarang-Cikampek- Purwakarta.

PT KAI juga menambah pemberhentian jumlah kereta api jarak jauh di Stasiun Bekasi, menjadi 24 kereta melayani penumpang naik dan 42 kereta melayani penumpang turun.

“Selain itu, pada Gapeka 2021 perjalanan KA Jarak Jauh dari tiga stasiun keberangkatan menjadi berubah menjadi, 35 KAJJ dari Stasiun Gambir, 27 KAJJ dari Stasiun Pasar Senen dan 2 KA JJ dari Stasiun Jakarta Kota,” tutur Eko.

Kebijakan itu juga berdampak pada peningkatan kecepatan dan pengurangan waktu tempuh. Pada lintas Jatinegara-Bekasi dari 90km/jam menjadi 100 km/jam. Lintas Bekasi-Cikampek dari 100km/jam menjadi 105 km/jam, lintas Jatinegara-Bekasi (DDT) dari 90km/jam menjadi 100 km/jam, dan lintas Serang-Rangkasbitung dari 65 km/jam menjadi 80 km/jam.

Baca Juga :  Pemindahan ASN ke IKN Dimulai September 2024, Yang Sudah Menikah Boleh Bawa Keluarganya

“Dengan resminya diberlakukan Gapeka 2021, pelanggan KA sudah dapat memesan tiket untuk keberangkatan 10 Februari 2021 dan seterusnya  di aplikasi KAI Access, situs kai.id, dan chanel pembelian online lainnya,” tutur dia.

Meski begitu, tidak seluruh kereta api yang ada pada program Gapeka 2021 dioperasikan. Terdapat penyesuaian perjalanan waktu mengingat kondisi pandemi Covid-19 masih merebak saat ini. Adapun untuk saat ini secara realisasi perjalanan kereta api jarak jauh yang beroperasi dari area Daop 1 Jakarta sebanyak 15 kereta, yaitu keberangkatan dari Gambir 8 kereta, Pasar Senen 6 kereta dan Jakarta Kota 1 kereta.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com