JOGLOSEMARNEWS.COM Info Penting

Honda Beri Tips Perlengkapan Pendukung Berkendara Sepeda Motor yang Cocok untuk Musim Hujan

Sejumlah pengendara motor terpaksa menuntun kendaraannya karena terjebak banjir bandang di ruas jalan raya Solo-Purwodadi tepatnya di Banaran, Kalijambe, Sragen, Jumat (12/2/2021). Foto/Istimewa
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Bagi bikers perlu meningkatkan kewaspadaan saat mengemudi sepeda motor di musim hujan. Ada perlengkapan yang harus selalu dibawa pada saat berkendara, di antaranya adalah jas hujan.

Menurut Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) Johanes Lucky pemilihan perlengkapan bikers sangat mendukung keselamatan dan keamanan.

Menurut dia, memilih perlengkapan berkendara motor di musim hujan harus cermat.

“Seperti pemilihan warna, desain, dan jenis bahan bisa jadi pertimbangan,” kata ujar Lucky, bos bidang keselamatan berkendara di Honda ini.

Lucky menerangkan, berkendara sepeda motor saat hujan di musim hujan adalah aktifitas yang memiliki potensi bahaya cukup tinggi. Mulai dari jarak pandang yang berkurang, jalanan licin, maupun angin kencang yang menerpa.

Honda menyarankan para pengendara jika hujan semakin deras dan kondisi tidak mendukung sebaiknya tidak berkendara. Honda pun mengenalkan 5P untuk kesepamatan berkendara sepeda motor.

5 P versi Honda adalah:
-Pastikan badan sehat sebelum berkendara
-Periksa kondisi kendaraan
-Pakailah helm standar dan jaket
-Patuhi rambu lalu lintas|
-Persiapkan surat-surat berkendara.

Lucky menuturkan jika terpaksa harus berkendara sepeda motor dalam kondisi hujan, berikut tips berkendara di musim hujan dari Honda dalam pemilihan perlengkapan rider:

1. Jas Hujan
Disarankan memlilih jenis jas hujan model outfit atau setelan bagian bawah dan atas yang terpisah. Dengan model ini, bisa membuat pengendara bebas bergerak. Dan menghindari potensi bagian jas hujan tersangkut di sepeda motor atau pengguna jalan lain.

2. Warna Jas Hujan
Disarankan memilih warna yang cerah untuk memudahkan pengguna jalan lain mengidentifikasi kita sebagai pengendara. Penggunaan sticker reflective pada jas hujan juga disarankan apabila jas hujan berwarna gelap.

3. Sarung Tangan
Sarung tangan merupakan salah satu piranti keselamatan berkendara. Ini untuk melindungi area tangan dengan tetap menjaga kemampuan pengendalian sepeda motor.

Pilih sarung tangan yang menutupi seluruh ruas jari dan khusus untuk menghadapi kondisi hujan. Pilih bahan kulit yang memiliki daya serap air rendah, sehingga tidak licin saat harus memutar tuas gas dan tetap nyaman dipakai menunggang sepeda motor.

4. Sarung Sepatu
Pemilihan sarung sepatu disarankan sesuai dengan ukuran sepatu yang digunakan. Sehingga pengikat pada sarung sepatu pun dapat lebih kuat dan tidak mudah lepas ketika mengikuti pergerakan sepatu.

Telapak sarung sepatu memiliki cengkraman yang baik seperti halnya sepatu. Ini untuk menghindari terpeleset di bar step saat mengerem, maupun menapak. Atau bisa juga menggunakan sepatu yang dirancang anti air.

5. Cairan Anti Embun
Tips berkendara di musim hujan dari Honda yang terakhir adalah penggunaan cairan anti embun juga dapat menjadi pilihan untuk digunakan pada kaca helm. Kaca helm yang buram akan menurunkan ketajaman mata pengendara karena embun di musim hujan.

www.tempo.co

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com