JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Ingin Masuk UNS? Coba Tiga Jalur Ini


SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo memberlakukan tiga jalur seleksi untuk menjaring mahasiswa baru. Hal ini sesuai dengan Permendikbud No. 6 Tahun 2020 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri.

Ketiga jalur tersebut yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan seleksi lainnya. Ketentuan mengenai SNMPTN dan SBMPTN diatur oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), sedangkan Seleksi Mandiri diatur secara mandiri oleh UNS.

Koordinator Bidang Sarjana UPT SPMB UNS, Widiyanto, Ph.D dalam acara Wedangan IKA UNS Seri XLIV, Rabu (10/2/2021) mengatakan, terdapat perubahan pada kuota penerimaan dari setiap jalur. Jika dulu saat masih menjadi BLU, kuota penerimaan terbesar ada pada SBMPTN, mulai tahun 2021 kuota penerimaan mahasiswa baru UNS terbesar adalah Seleksi Mandiri.

Baca Juga :  Kerjasama Dengan PT Sritex, Polhas Dukung Program Kerja Sambil Kuliah

“Perubahan status PTN BH ini juga membuat kuota berubah. Jika dulu kuota Seleksi Mandiri hanya 30%, sekarang menjadi 50%,” ujar Widiyanto.

Perubahan kuota juga terjadi pada jalur SNMPTN dan SBMPTN. Pada tahun 2021, UNS akan menerima mahasiswa baru minimal 20% dari jalur SNMPTN. Sementara itu, jalur SBMPTN mendapat jatah minimal 30%.

Aturan mengenai SNMPTN dan SBMPTN dapat dicermati di laman LTMPT. Secara keseluruhan, aturan jalur seleksi tersebut relatif sama dengan tahun lalu. Namun, khusus SBMPTN terdapat sedikit perbedaan yakni adanya Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang dibagi menjadi TKA Saintek dan TKA Soshum pada Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Tahun lalu UTBK hanya terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS). Dengan demikian, para peserta UTBK 2021 harus menjalani dua tes yakni TPS dan TKA.

Baca Juga :  Prof Sofyan Anif Kembali Terpilih Jadi Rektor UMS

Di sisi lain, Seleksi Mandiri UNS menerapkan beberapa jalur yang dapat ditempuh pendaftar.
“Seleksi Mandiri UNS ada bermacam-macam jalur ya seperti jalur prestasi, jalur kerja sama, jalur UTBK, bahkan ada juga jalur hafiz quran,” jelas Widiyanto. Prihatsari