JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Kabar Gembira, Obyek Wisata Candi Sukuh dan Candi Cetho Karanganyar Hari Ini Mulai Dibuka Lagi dan Boleh Dikunjungi Wisatawan. Tapi Ada Ketentuannya, Simak Lengkapnya Berikut!

Candi Cetho Karanganyar. Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Setelah sempat lama ditutup gegara pandemi obyek wisata Candi Sukuh di Desa Berjo, Ngargoyoso dan Candi Cetho di Desa Gumeng, Jenawi, Karanganyar akhirnya kembali dibuka mulai hari ini, Jumat (18/2/2021).

Penerapan protokol kesehatan (prokes) yang diklaim berhasil menutup potensi penularan Covid-19 di obyek wisata, menjadi alasan pembukaan kembali obyek wisata itu.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Karanganyar, Titis Sri Jawoto mengatakan izin pembukaan wisata di dua candi itu tertuang di surat pemberitahuan Balai Besar Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah perihal pemanfaatan Situs Candi Sukuh dan Candi Ceto tertanggal 17 Februari 2021.

Baca Juga :  Ngeri! Minum Obat Kuat untuk Bulan Madu, Sepasang Pengantin Baru Asal Solo Ditemukan Meninggal di Hotel Karangpandan

“Ini merupakan jawaban surat permohonan agar dua candi itu diperbolehkan dibuka untuk umum. Surat permohonan pada dua pekan lalu ke Kemendikbud, akhirnya dijawab. Ini yang sangat ditunggu-tunggu masyarakat,” paparnya kepada wartawan, Kamis (18/2/2021).

Dalam surat itu, pemerintah mengandalkan PPKM mikro mampu mengendalikan penularan Covid-19, termasuk di urusan wisata.

Baca Juga :  Ucapkan Dukacita Atas  Tragedi Stadion Kanjuruhan, Pemkab Karanganyar dan Persika Pasang Dua Karangan Bunga di Halaman Kantor Bupati   

Hanya saja, Satgas Covid-19 di area wisata mutlak menerapkan upaya pencegahan penularan seperti penyemprotan disinfektan ke seluruh area candi, membatasi jumlah pengunjung maksimal 30 persen.

Kemudian, jam kunjungan 08.00-15.00 WIB, selalu menerapkan 5 M, menyiapkan petugas khusus penegakan prokes, rutin mengevaluasi pengelolaan kunjungan di masa PPKM mikro, serta bersedia menutup kembali apabila ketentuan prokes dilanggar.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com