JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Kiriman Vaksin Covid-19 dari Sinovac China Datang Lagi, Kali Ini Sebanyak 11 Juta Dosis. Rencananya untuk Vaksinasi Petugas Layanan Publik

Kontainer bermuatan bahan baku vaksin Covid-19 tiba di Bandara Soekarno-Hatta dari China, Selasa (2/2/2021). Foto: YouTube/Sekretariat Presiden

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Indonesia kembali menerima kedatangan vaksin Covid-19 dari Sinovac China di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, pada Selasa (2/2/2021).

Untuk pengiriman keempat ini berjumlah sebanyak 11 juta dosis yang terdiri dari 10 juta dosis dalam bentuk bahan baku dan 1 juta dosis dalam bentuk setengah jadi.

Dengan kedatangan 11 juta dosis vaksin ini, pemerintah mencatat ada 28 juta dosis vaksin Covid-19 yang tersedia di Indonesia.

Disampaikan juru bicara vaksinasi Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmidzi, direncanakan vaksin yang tiba pada hari ini akan digunakan untuk vaksinasi tahap kedua petugas pelayanan publik.

Baca Juga :  Kesal Diputus Cinta, Pemuda ini Nekat Jambret Tas Mantan Pacar

“Sebanyak 10 juta dosis yang kami terima hari ini rencananya digunakan untuk melakukan vaksinasi tahap kedua bagi petugas pelayanan publik,” ujar Siti Nadia Tarmidzi dalam konferensi video.

Saat ini, pemerintah masih mengejar target 1,5 juta tenaga kesehatan yang disuntik vaksin. Nadia mengatakan, sejak dimulainya tahap vaksinasi pada Januari lalu, sudah lebih dari 500.000 tenaga kesehatan yang disuntik vaksin Covid-19.

“Melihat jumlah tenaga kesehatan yang sudah divaksinasi dan pengalaman puluhan tahun imunisasi, kami optimistis 1,5 juta target tenaga kesehatan dapat tercapai paling lambat akhir Februari,” tutur Nadia.

Baca Juga :  Menko Airlangga: Masyarakat Yang Tak Mudik Layak Disebut Pahlawan

Setelah vaksinasi 1,5 juta tenaga kesehatan, vaksinasi selanjutnya akan ditujukan kepada 17,4 juta petugas pelayanan publik yang bekerja di daerah terpapar Covid-19.

“Sebanyak 1,5 juta tenaga kesehatan dan 17,4 petugas pelayanan publik yang merupakan bagian dari 181,5 juta penduduk yang menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 dalam rangka kita membentuk kekebalan kelompok,” ujar Nadia.