JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi

Perhatian Calon Mahasiswa, Besok SNMPTN 2021 Dibuka. Simak Tahapan Pendaftarannya

SNMPTN 2021
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN untuk tahun 2021 akan mulai dibuka besok, Senin, 15 Februari 2021.

Waktu pendaftaran untuk salah satu jalur seleksi penerimaan mahasiswa untuk memasuki perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia ini akan dibuka selama 10 hari atau hingga 24 Februari 2021.

Calon mahasiswa yang ingin mendaftar SNMPTN 2021 ini harus terlebih dahulu memiliki akun di Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Syarat lainnya, akun tersebut sudah permanen, dinyatakan eligible oleh sekolah, dan memiliki nilai yang lengkap.

“Hanya siswa yang sudah memiliki akun di LTMPT, akunnya sudah permanen, termasuk salah satu siswa yang dinyatakan eligible oleh sekolah, dan memiliki nilai yang lengkap yang dapat mendaftar di SNMPTN,” demikian tertulis dalam situs ltmpt.ac.id.

Berikut ini langkah melakukan pendaftaran SNMPTN melalui portal LTMPT:

1. Login melalui portal LTMPT
Langkah pertama untuk mendaftar adalah siswa melakukan login di portal LTMPT dengan memasukan email dan password yang didaftarkan.

Jika memenuhi syarat mendaftar SNMPTN, akan muncul tampilan login. Namun jika tidak memenuhi syarat, akan muncul pesan “Mohon maaf, Anda tidak berhak mengikuti SNMPTN 2021. Silakan mengikuti SBMPTN 2021”.

2. Lengkapi data
Kedua, isi kelengkapan data orangtua/ wali pada halaman profil. Setelah selesai mengisi, klik tombol Simpan. Jika berhasil akan muncul notifikasi “Berhasil Menyimpan Kelengkapan Data”.

3. Isi pilihan program studi
Selanjutnya, siswa akan diminta mengisi pilihan (prodi) pada halaman ‘Pilihan’. Pilih salah satu Perguruan Tinggi Negeri atau Politeknik Negeri dari daftar yang disediakan. Setelah itu akan muncul daftar prodi yang bisa dipilih.

Setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN/Politeknik Negeri atau 2 PTN/Politeknik Negeri.

Jika memilih dua prodi, salah satu harus berada di PTN/Politeknik Negeri pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Namun jika hanya memilih satu prodi, siswa dapat memilih PTN/Politeknik Negeri yang berada di provinsi manapun.

Jika sudah selesai memilih prodi, klik “Simpan Semua Pilihan”.

4. Isi halaman portofolio
Langkah selanjutnya adalah mengisi halaman Portofolio. Namun ini jika prodi yang dipilih meminta dokumen portofolio sebagai salah satu persyaratan.

Jika prodi yang dipilih sebelumnya tidak mensyaratkan mengisi dokumen portofolio, maka halaman ini tidak perlu diisi.

5. Isi halaman prestasi
Selanjutnya, siswa akan diminta mengisi prestasi pada halaman Prestasi. Isian di halaman tersebut tidak wajib ada. Namun, siswa dipersilakan mengisi prestasi sesuai bidang dan tingkat prestasi yang disyaratkan masing-masing pilihan di kolomnya.

6. Halaman finalisasi
Langkah keenam, siswa akan diminta melakukan finalisasi. Sebelum melakukan finalisasi, pastikan kembali semua data yang diisikan sudah benar. Karena setelah melakukan finalisasi, isian data tidak dapat dibatalkan dan tidak bisa diubah dengan alasan apapun.

Jika sudah yakin benar, berikan ceklist pada pernyataan persetujuan “Saya setuju untuk finalisasi”. Kemudian klik finalisasi, maka akan muncul pop-up persetujuan. Jika sudah yakin benar, tampilan halaman finalisasi akan berubah dengan adanya keterangan tanggal dan waktu finalisasi yang sudah dilakukan.

7. Unduh dan cetak kartu registrasi
Terakhir, siswa dapat mengunduh dan mencetak kartu registrasi. Kartu registrasi yang diunduh adalah kartu untuk pendaftaran SNMPTN. Setelah mengunduh, maka tahapan pendaftaran SNMPTN oleh siswa telah selesai. Hasil SNMPTN 2021 akan diumumkan pada 22 Maret 2021.

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com