JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Sleman Gelar Sayembara Arsitektur Nasional Desain Taman Budaya, Berhadiah Rp 167 Juta

Aksi penari putri dalam Festival Merapi 2018 di Tlogoputri, Kaliurang, Yogyakarta, Sabtu, 22 Desember 2018. Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan Festival Merapi 2018 sebagai ajang kreativitas tampilan keberagaman seni dan budaya. TEMPO/Bernadus Guntur

SLEMAN, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pemerintah kabupaten (Pemkab) Sleman menggelar sayembara arsitektur nasional desain Taman Budaya Kabupaten Sleman dengan hadiah total Rp 167,5 juta.

Dalam penyelenggaraannya Dinas Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman menggandeng Ikatan Arsitektur Indonesia (IAI) Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kompetisi bertajuk Sayembara Pra Desain Pengelolaan dan Pengembangan Taman Budaya Kabupaten Sleman itu berlangsung mulai 22 Februari hingga 8 April 2021.

Kepala Dinas Kebudayaan Sleman Aji Wulantara mengatakan hasil pemenang dari sayembara desain ini akan menjadi acuan pembuatan Detil Engineering Design (DED) Taman Budaya yang akan dibangun di Desa Pandowoharjo Kabupaten Sleman.

Baca Juga :  Seorang Nenek Tewas dengan Kondisi Kedua Kaki Patah Setelah Disambar Mobil Pikap di Gamping, Sleman

“Untuk bangunan fisik Taman Budaya itu kami targetkan mulai dibangun tahun 2022-2023 nanti, jadi saat ini kami mencari desain arsitekturnya lewat sayembara terbuka secara nasional,” ujar Aji, Senin, 22 Februari 2021.

Aji menuturkan lokasi pembangunan Taman Budaya ini berada di pusat kawasan strategis Kabupaten Sleman yang di dalamnya terdapat berbagai potensi pariwisata lokal berupa desa wisata serta pemerintahan Kabupaten Sleman. Luas lahannya sekitar 22.869 meter persegi atau 2,2 hektare.

Baca Juga :  Fenomena Pulung Gantung di Gunungkidul Masih Terjadi, Januari-September 2022 Terjadi 20 Kasus

Para peserta yang mengikuti desain Taman Budaya diminta menghasilkan pra desain arsitektur yang memuat konsep bangunan vernakular yang representatif untuk wadah aktivitas pelaku seni dan budaya. “Desain Taman Budaya terpadu ini kami targetkan menjadi tempat wisata edukasi sekaligus promosi budaya,” kata Aji.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com