JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Survei LSI: Elektabilitas Prabowo Tertinggi, Ungguli Ganjar dan Anies, Muncul Nama Ahok

Probowo Subianto Ketua Umum Gerindra puji kinerja Jokowi. Youtube/Gerindra TV
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Hasil survei yang dilakukan oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) menempatkan elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto masih tertinggi jika pemilihan presiden digelar saat ini. Prabowo mengalahkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo maupun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Prabowo meraih elektabilitas sebesar 22,5 persen jika pilpres digelar hari ini. Di urutan kedua, ada elktabilitas Ganjar Pranowo dengan elektabilitas sebesar 10,6 persen dan Anies Baswedan sebesar 10,2 persen. Selain ketiga nama itu, nama mantan gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) juga muncul dalam survei LSI.

Ahok memiliki elektabilitas sebesar 7,2 persenm disusul Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dengan 6,9 persen. Lalu, Menteri Sosial Tri Rismaharini 5,5 persen, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 5 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 4,8 persen, dan Susi Pudjiastuti 2,3 persen.

Baca Juga :  Pertemuan Prabowo-Surya Paloh Sinyal Hak Angket Bakal Layu Sebelum Berkembang

“Masih Pak Prabowo yang unggul sementara 22,5 persen. Kemudian menyusul, ini boleh kita sebut sama, Pak Ganjar dan Pak Anies ini posisinya sama,” ujar Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan dalam rilis nya secara daring, Senin (22/2).

Dalam simulasi tertutup dengan 14 nama calon presiden, nama Prabowo tetap berada di peringkat pertama dengan elektabilitas sebesar 25,3 persen. Kemudian disusul Ganjar sebesar 14,7 persen dan Anies 13,1 persen.

Ada sejumlah alasan bagaiamana responden memilih presiden, 27,6 persen yang memilih dengan alasan tegas atau berwibawa, kemudian 22,5 persen memilih dengan alasan figur merakyat atau perhatian kepada rakyat. Menurutnya, dua alasan tersebut berbeda urutannya dibanding hasil survei menjelang Pemilu 2019 lalu. Ketika itu, responden lebih banyak memilih alasan figur merakyat ketimbang ketegasan ketika memilih calon presiden.

Baca Juga :  Jokowi Disebut Cawe-cawe Soal Kabinet Prabowo, Habiburokhman: Saya Saja Boleh Usulkan Nama?

“Alasan utama mereka memilih, pertama tegas berwibawa, nomor duanya perhatian pada rakyat,” ujar Djayadi.

Nama Prabowo juga menjadi menteri dalam jajaran kabinet Presiden Joko Widodo yang paling memuaskan kinerjanya. Sebanyak 13 persen responden menyatakan kinerja Prabowo sangat memuaskan, 62 persen lainnya menyatakan cukup puas. Di posisi kedua ada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, 8 persen responden mengaku sangat puas dan 61 persen menyebut cukup puas.

“Tingkat kepuasannya paling tinggi terhadap Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, disusul Menteri Pariwisata Sandiaga Uno, disusul Menteri Keuangan Sri Mulyani, kemudian Menteri Sosial Tri Rismaharini, diikuti kemudian oleh (Menteri BUMN) Pak Erick Tohir,” ujar Djayadi.

LSI melakukan survei dengan metode wawancara tatap muka sejak 25-31 Januari 2021, dengan responden sebanyak 1.200 orang. Margin of error sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

www.republika.co.id

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com