JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Sosok Meilina, Guru MTsN 4 Sragen Yang Sukses Terpilih Jadi Penyusun Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI) Madrasah Nasional. Kepsek Mengaku Bangga, Jadi Satu-Satunya Guru Terpilih dari Sragen

Meilina, Guru MTSN 4 Sragen. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Prestasi demi prestasi terus ditorehkan MTsN 4 Sragen baik atas nama lembaga, Guru serta Siswa.

Kali ini prestasi itu ditorehkan oleh salah satu guru yaitu Meilina. Guru muda itu mencatat prestasi mengesankan lolos menjadi penyusun Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI) Madrasah Nasional tahun 2021 untuk tingkat Mts.

Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI) Madrasah adalah program pemetaan capaian pendidikan untuk memantau mutu pendidikan madrasah yang menggambarkan pencapaian kemampuan peserta didik.

AKSI madrasah dirancang untuk membantu guru dalam memperoleh informasi akurat tentang kompetensi peserta didik dalam hal literasi membaca, literasi Numerik, literasi sains dan literasi Sosial budaya.

Lolosnya Meilina terungkap dalam surat Direktorat Jenderal Pendidikan Islam nomor : B-393/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/02/2021 tentang pengumuman hasil seleksi tahap III (Tahap Akhir) calon penyusun Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI). Nama Meilina, M Pd lolos sebagai penyusun AKSI madrasah kategori literasi sosial budaya.

Baca Juga :  Menolak Divaksin Covid-19, Bupati Sragen Minta Ratusan Pedagang Pasar yang Emoh Ditinggal Saja. "Kita Kejar Dulu yang Mau, Kalau Tidak Mau Ya Sudah!"
IMG 20210219 WA0004
Kepala MTsN 4 Sragen, Sumanto. Foto/Wardoyo

Proses seleksi AKSI ini melalui beberapa tahap yaitu tahap pertama pendaftaran dengan syarat membuat soal sesuai kisi-kisi dengan memilih 3 level soal hots.

Kemudian tahap kedua Tes Psikologi tertulis dengan aplikasi Zoom dan sistem CBT, Selanjutnya tahap terakhir atau ketiga yaitu wawancara bidang literasi sosial budaya dengan menggunakan aplikasi Zoom.

Meilina adalah guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial sekaligus Kepala perpustakaan MTsN 4 Sragen. Kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , ia mengungkapkan rasa syukurnya lolos sebagai tim penyusun AKSI Madrasah Nasional.

“Alhamdulillah lolos tahap akhir sebagai Tim penyusun AKSI Madrasah yang proses dan saingannya sangat berat dari pendaftar lainnya yang diikuti oleh guru-guru madrasah se- Indonesia. Dan juga tidak lupa saya ucapkan terima kasih atas do’a dan dukungan dari keluarga besar MTsN 4 Sragen selama proses seleksi,” paparnya Jumat (19/2/2021).

Baca Juga :  Kapolda Jateng dan Pangdam Mendadak Terjun Sambangi Lahan Perhutani di Jenar dan Bekas Pacuan Kuda Sumberlawang. Bawa Bibit Alpukat Aligator dan Kelengkeng!

Kepala MTsN 4 Sragen Sumanto menyampaikan apresiasinya atas perjuangan Meilina dalam mengharumkan nama baik madrasah dan lolos seleksi terpilih menjadi salah satu tim penyusun AKSI Madrasah Nasional.

“Kesuksesan ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi MTsN 4 Sragen karena Madrasah kita bisa tembus di kancah nasional. Ini merupakan satu-satunya guru MTs se-Kabupaten Sragen, dua orang di Solo Raya dan empat orang di Jawa Tengah dan saya berharap dengan lolosnya Meilina menjadi penyusun AKSI Madrasah Nasional ini bisa jadi pemicu motivasi bagi guru-guru di MTsN 4 Sragen khususnya serta guru-guru MTs Sekabupaten sragen dan Jawa Tengah untuk bisa mengikuti event-event seperti untuk tahun berikutnya,” papar Sumanto. Wardoyo