JOGLOSEMARNEWS.COM Market Lifestyle

Tak Hanya Sehat Diminum, Ternyata Ada 5 Cara Lain Memanfaatkan Susu. Mulai Jadi Pupuk hingga Menghapus Riasan

Ilustrasi susu.
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Setiap orang pasti tahu apa itu susu. Minuman yang kerap dianggap menyehatkan dan bahkan menyempurnakan gizi yang dibutuhkan tubuh.

Namun kebanyakan orang pasti hanya mengetahui manfaat susu sebagai produk konsumsi, baik untuk diminum maupun bahan baku dalam masakan atau makanan olahan.

Padahal, ada juga kegunaan susu lainnya yang tidak dikonsumsi. Apa saja? Berikut ini beberapa di antaranya seperti dikutip dari Brightside, Sabtu (6/2/2021):

1. Meredakan Iritasi pada Mata
Salah satu gejala gangguan pada mata adalah saat mengalami iritasi, yakni saat masa merasa gatal dan tak nyaman. Hal itu bisa terjadi salah satunya lantaran masuknya benda asing ke dalam rongga mata, seperti debu atau lainnya.

Biasanya, jika mata terasa tidak nyaman, kita akan menggosoknya dengan tangan. Hal itu sebenarnya tidak disarankan karena berpotensi menimbulkan iritasi yang lebih parah, bahkan hingga terluka.

Lantas bagaimana cara mengatasinya? Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan membilas mata menggunakan susu. Mungkin terdengar tidak nyata, tetapi hal itu benar-benar dapat meredakan iritasi pada mata.

2. Membantu Meluruskan Rambut secara Alami
Rambut, khususnya bagi kaum hawa, tentu menjadi bagian tubuh yang penting dan perlu mendapat perhatian lebih. Rambut panjang dan lurus kerap kali menjadi dambaan setiap wanita.

Namun terkadang rambut juga sering mengalami masalah, seperti mudah patah, rontok, hingga kerusakan rambut lainnya. Biasanya hal itu turut dipengaruhi dengan gaya hidup masa kini yang kerap mendandani rambut dengan tren terkini.

Baca Juga :  6 Rekomendasi Merk Sirup Terbaik dan Populer di Indonesia

Salah satu cara merawat rambut yang alami adalah bisa dengan mencucinya menggunakan susu. Percaya atau tidak, susu akan membantu rambut tumbuh lebih kuat dan berkilau. Selain itu juga membantu meluruskannya.

Cukup gunakan susu pada sisir atau menyemprotkannya pada rambut. Lalu pijat rambut sembari menyisirnya. Setelah itu diamkan sejenak agar kandungan susu lebih terserap.

Setelahnya, jangan lupa untuk membilas rambut hingga bersih agar tidak meninggalkan bau.

3. Membantu Menghapus Make Up
Manfaat susu ternyata tidak hanya baik bagi tubuh dan rambut, tetapi susu juga bermanfaat bagi kulit. Salah satunya adalah dengan menggunakan susu untuk menghapus riasan atau make up.

Meski saat ini telah banyak produk make up yang diklaim sehat untuk wajah dan tidak merusak kulit, namun tetap ada kandungan zat kimia di dalamnya. Salah satu cara membersihkan riasan yang mungkin tak banyak orang tahu adalah menggunakan susu.

Tentunya, gunakan produk susu alami yang tidak mengandung banyak bahan tambahan seperti gula.

Cukup aplikasikan susu pada kapas atau kain yang akan digunakan untuk membersihkan wajah. Lakukan dengan cara seperti biasa saat membersihkan make up dengan produk pembersih.

Manfaat dari kandungan protein dan lemak dalam susu akan membantu kulit wajah tetap terhidrasi dan mempertahankan kelembapannya.

Baca Juga :  6 Rekomendasi Merk Sirup Terbaik dan Populer di Indonesia

4. Pakai Susu sebagai Pupuk Tanaman
Selain manfaat bagi tubuh, susu ternyata juga dapat bermanfaat bagi lingungan sekitar, salah satunya untuk tumbuhan di sekitar kita.

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa susu dapat digunakan sebagai pupuk. Pertama, ini membantu pertumbuhan tanaman. Selanjutnya, susu juga dapat mencegah kekurangan kalsium dan kerusakan pada tanaman.

Caranya cukup tuangkan susu di sekitar tanaman agar akarnya perlahan menyerap atau letakkan botol berisi susu secara terbalik di tanah.

Namun, ingatlah bahwa Anda tidak boleh mencampurkan susu dengan pupuk lain. Jika bahan kimia tersebut bercampur dengan susu, itu justru akan dapat menangkal manfaat dari susu.

5. Susu sebagai Campuran Cat
Manfaat berikutnya dari susu yang tidak banyak orang tahu adalah sebagai campuran cat. Mungkin terdengar aneh dan bahkan tidak masuk akal, namun susu memang dapat berfungsi sebagai pengikat pigmen warna pada cat.

Bahkan faktanya, cat dengan campuran susu ini telah digunakan pada zaman Mesir kuno. Selain susu, bahan lain yang dibutuhkan untuk membuat campuran cat ini adalah lemon, alat penyaring, kain katun tipis dan cat akrilik.

Pastikan mengaplikasikannya dengan cepat agar tidak rusak. Pada awalnya mungkin akan timbul bau asam dari cat yang masih basah. Namun bau tersebut akan hilang dari dinding setelah mengering. Liputan 6

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com