JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Cegah Merebaknya Berita Hoaks, Polres Karanganyar Jalin Sinergitas dengan Wartawan

Polres Karanganyar mempererat jalinan kerja sama dengan wartawan / Foto: Beni Indra
   

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Polres Karanganyar mempererat jalinan kemitraan dengan wartawan setempat agar tercapai sinergi yang lebih baik.

Pasalnya, ranah pekerjaan antara polisi dengan wartawan memiliki sejumlah kemiripan, sehingga diperlukan kemitraan guna menjaga harmonisasi.

Kapolres Karanganyar, AKBP M.Syafi mengatakan, kemitraan yang baik antara Polres Karanganyar dengan wartawan maupun pihak lain diyakini akan berefek pada masyarakat.

Terutama, ujar Kapolres, dalam menangani muncul dan menyebarnya informasi hoaks. Termasuk dalam hal sosialisasi pencegahan Covid-19 di tengah masyarakat.

“Ibaratnya polisi dan wartawan adalah keluarga besar dalam rangka bekerja untuk menciptakan Kamtibmas melalui kinerjanya masing-masing,” tandasnya.

Apalagi, tandas Kapolres,  era digital juga akan berdampak pada makin maraknya penyebaran informasi hoaks dan meresahkan masyarakat.

Maka dengan sinergi antara polisi dan wartawan tersebut, ujar Kapolres, harapannya berita-berita hoaks mampu dicegah.

“Di satu sisi, media berperan meluruskan berita-berita yang menyimpang,  sedangkan polisi berperan membina agar masyarakat tidak terbawa arus hoaks yang menyesatkan,” ujarnya.

Dalam konteks saat ini, ujar Kapolres, media memiliki peran penting, terutama untuk membantu pemerintah mensosialisasikan pada masyarakat tentang PPKM mikro dalam rangka mencegah merebaknya Covid-19.

“Sedangkan polisi berperan membantu Pemdes untuk mengarahkan serta monitoring. Kami meyakini sinergi ini akan mendorong Karanganyar maju tenteram dan Kamtibmas terjaga. Sebab tantangan sekarang ini era medsos yang relatif perlu perhatian khusus,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator wartawan Karanganyar, Rudy mengapresiasi upaya membangun sinergitas polisi dan wartawan karena sejatinya memang diperlukan, karena kedua belah pihak saling terkait.

“Kami bersama 22 wartawan yang bertugas di Karanganyar berterima kasih atas terjalinnya sinergi tersebut sehingga bisa bersama-sama menjaga dan memajukan Karanganyar,” ujarnya.

Rudy berharap hubungan baik tersebut terus dijalin sampai kapanpun. Beni Indra

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com