JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Ancaman Varian Baru Virus Corona B117, Kemenkes Pastikan Tak Kurangi Efektivitas Vaksin Covid-19 yang Kini Digunakan

Vaksinasi bagi pelayan publik di Wonogiri. Foto: JSNews/Aris Arianto
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Virus corona mutasi B117 asal Inggris telah masuk ke Indonesia. Setidaknya sudah ada enam kasus positif Covid-19 di Tanah Air yang disebabkan oleh varian baru virus corona ini.

Kendati diketahui bahwa virus corona B117 ini memiliki daya penularan dan penyebaran yang lebih luas, namun Kementerian Kesehatan berani memastikan bahwa keberadaan mutasi virus corona ini tidak akan mempengaruhi efektivitas vaksin Covid-19 yang saat ini tengah diberikan kepada masyarakat Indonesia.

Menurut Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa vaksin yang telah diproduksi dan digunakan saat ini menjadi tidak bisa digunakan pada varian baru ini.

Baca Juga :  Keampuhan Daun Kelor untuk Kesehatan, Ada Banyak Nutrisi di Dalamnya

“Sampai saat ini vaksin yang digunakan untuk penanggulangan virus masih sangat efektif tentunya tidak akan terpengaruh mutasi virus Covid-19 varian baru B117,” katanya dalam konferensi pers virtual, Senin (8/3/2021).

Nadia menyampaikan, mutasi virus corona B117 asal Inggris diketahui masuk ke Indonesia melalui orang yang datang dari luar negeri. Dua kasus pertama yang ditemukan diketahui merupakan warga negara Indonesia yang bekerja di luar negeri dan baru kembali dari Arab Saudi.

Meski karakteristik B117 ini lebih menular, namun WHO belum mendapat laporan pasti yang dapat membuktikan bahwa mutasi virus corona ini lebih tinggi dalam hal tingkat keganasannya.

Baca Juga :  Jeruk Maroko: Kandungan Nutrisi dan Manfaatnya untuk Kesehatan

“Penelitian di negara lain menemukan, virus lebih cepat menular tapi tidak lebih mematikan. Ini karena virus tersebut lebih mudah masuk ke dalam sel sasaran sehingga penularannya lebih cepat daripada varian yang lama,” jelasnya.

Siti Nadia pun berpesan, demi menghindari dan mengurangi risiko penularan varian virus corona, masyarakat diharapkan dapat semakin waspada dan mengimbau untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menghindari keramaian. Liputan 6

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com