JOGLOSEMARNEWS.COM Market Lifestyle

Catat! 5 Tanaman Hias ini Bisa Membantu Menjernihkan dan Menyegarkan Udara

Ilustrasi tanaman hias. Pexels
ย ย ย 

JOGLOSEMARNEWS.COM — Alergi udara bisa menyebabkan Anda bersin tiap terpapar udara yang kurang bagus. Ada berbagai cara untuk mengurangi polusi udara yang ada di dalam rumah.

Antara lain dengan memasang alat penjernih udara atau juga bisa dengan beberapa jenis tanaman yang mampu menyerap karbon dioksida dan menghasilkan okseigen.

Menurut Tania Elliot, instruktur klinis kedokteran dan imunologi di NYU Langon, sampai batas tertentu tanaman rumahan dapat membantu membuang kelebihan karbon dioksida dan meningkatkan oksigenasi di dalam ruangan. Meskipun tanaman hijau di dalam ruangan tidak akan sepenuhnya menyembuhkan alergi, namun tanaman hijau dapat menjadi langkah untuk membuat ruangan terasa lebih segar.

โ€œTanaman hias memang memiliki kemampuan untuk menyaring udara dengan mengubah karbon dioksida menjadi oksigen,โ€ kata Dr. Sanjeev Jain, MD, dokter ahli imunologi dan penyakit dalam di Columbia Asthma and Allergy Clinic, seperti dilansir dari laman Bustle. โ€œTetapi tidak dapat secara memadai menghilangkan zat seperti benzena dari udara.”

Selain menumpuk rak tanaman dan mendapatkan filter udara berkualitas tinggi, pastikan Anda sering membersihkan bulu hewan peliharaan dan debu di lemari Anda, saran Dr. Elliott. โ€œAlergen luar ruangan dapat melacak di dalam ruangan dan tetap melayang di udara,โ€ kata Dr. Elliott. “Alergen hewan peliharaan juga bisa bertahan di udara.” Apa pun program anti alergi Anda yang khas, menambahkan lima tanaman hias pelawan alergi ini ke rumah Anda dapat menambah manfaat penghilang hidung dan peningkatan kesehatan mental yang selama ini Anda cari.

Baca Juga :  6 Rekomendasi Merk Sirup Terbaik dan Populer di Indonesia
1. Marginata

Dracaena marginata colorama adalah tanaman hias pohon naga tiga warna yang perawatannya cukup rendah dan mudah ditanam di dalam ruangan. Ini tumbuh subur dalam cahaya rendah, dan Anda harus membiarkannya sedikit kering sebelum disiram. Dengan daun hijau bergaris sempit, krem dan kuning, tanaman ini dapat tumbuh hingga 15 kaki atau 4,5 meter. Daun berubah warna menjadi lebih terang jika tidak mendapatkan cukup cahaya, tetapi akan muncul bintik-bintik coklat jika terkena terlalu banyak sinar matahari.

Menurut kelompok Pembibitan Pantai Barat, marginata dapat membantu memurnikan udara dari bahan kimia seperti formaldehida dan benzena, serta membantu mengontrol kelembapan. โ€œPolutan seperti benzena dan asap dapat mengiritasi selaput lendir dan mengaktifkan sistem kekebalan untuk merespons yang mengarah ke gejala seperti bersin, batuk, pilek, hidung tersumbat, dan sakit tenggorokan,โ€ kata Dr. Jain, meskipun dia mencatat bahwa tanaman tidak dapat membersihkan benzena di ruang seluruhnya.

2. Peace Lilies

Tanaman hijau yang mudah dirawat ini tidak membutuhkan banyak air atau cahaya untuk tumbuh, dan akan memberi tahu Anda saat perlu disiram – daunnya akan mulai terkulai. Peace lily, atau spathiphyllum, berguna untuk membersihkan udara dari benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene, menurut sebuah studi NASA tahun 1989 yang menyelidiki kualitas udara di luar angkasa. Namun, pencegahan alergi tidak akan berhenti dengan satu peace lilies (sayangnya). Pastikan Anda mendapatkan filter udara berkualitas tinggi yang cocok dengan bunga bakung Anda, saran Dr. Jain.

Baca Juga :  6 Rekomendasi Merk Sirup Terbaik dan Populer di Indonesia
3. Chinese Evergreen

Aglaonema, atau Chinese evergreen adalah tanaman rumahan dengan perawatan rendah yang berfungsi sebagai pembersih udara alami. Tumbuh paling baik dalam cahaya redup, dan membutuhkan penyiraman yang sangat minimal setiap beberapa minggu atau lebih. Letakkan di tempat yang hangat dan agak lembab di rumah Anda untuk hasil terbaik.

4. Janet Craig

Varietas pohon naga lainnya, Janet Craig, atau dracaena fragans, adalah tanaman rumahan yang sangat mudah ditanam. Dengan daun hijau cerah dan berkilau, tanaman lantai ini dapat tumbuh cukup tinggi – jadi pangkas kembali di musim semi atau awal musim panas jika mulai memenuhi ruangan Anda. Jangan khawatir, karena pemangkasan akan membantunya tumbuh lebih sehat, yang dapat membuatnya lebih baik dalam “menghirup” polutan dari ruang tamu Anda.

5. Ivy Swedia

Ivy Swedia, atau Plectranthus australis, adalah tanaman hias dengan serbuk sari rendah dan pilihan yang tepat untuk setiap tukang kebun pemula yang memiliki alergi. โ€œTanaman hias dengan serbuk sari rendah (tidak berbunga) adalah pilihan yang bagus untuk merapikan rumah dan memungkinkan seseorang dengan alergi lingkungan untuk menikmati alam tanpa memicu respons alergi,โ€ jelas Dr. Jain. โ€œAlergi terhadap sebagian besar tanaman hias dengan serbuk sari rendah jarang terjadi, jadi tidak mungkin menimbulkan gejala apa pun bagi seseorang di rumah.โ€

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com