JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Begini Proses Penanganan Korban Kecelakaan Lalu lintas di Wonogiri, Ternyata Tidak Hanya Libatkan Kepolisian Ada Juga Pihak Rumah Sakit Hingga BPJS Jasa Raharja dan PMI

Penandatanganan kerjasama penanganan korban kecelakaan lalu lintas di Wonogiri. Dok. Polres Wonogiri
   
Penandatanganan kerjasama penanganan korban kecelakaan lalu lintas di Wonogiri. Dok. Polres Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM Penanganan korban kecelakaan lalu lintas ternyata tidak hanya dilakukan kepolisian. Ada banyak pihak yang terlibat di dalamnya.

Nah untuk memperkuat dan mempercepat layanan itu, khusus di Wonogiri dilaksanakan perjanjian kerjasama sinergi penanganan, pendataan, perawatan medis, serta penyelesaian santunan korban kecelakaan lalu lintas dan angkutan jalan secara terpadu. Perjanjian dilakukan jajaran Polres Wonogiri dengan sejumlah pihak terkait di Rumah Makan Saraswati Brumbung, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Kamis (26/3/2021) sore.

Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing, beserta PJU hadir, ada pula perwakilan Dinas Kesehatan (Dinkes), Rumah Sakit (RS), BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Jasa Raharja, dan PMI.

Kapolres mengatakan kegiatan tersebut dalam rangka program inovasi pelayanan korban kecelakaan lalu lintas yang terpadu dengan bersinergi antar instansi terkait. Adapun rumah sakit di Wonogiri yang menandatangani MoU tersebut di antaranya RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso Wonogiri, PKU Muhamadiyah, RS Medika Mulya, RS Mulia Hati, RS Astrini, RS Maguwan Husada Pracimantoro dan RS Amal Sehat Slogohimo.

Baca Juga :  Dugaan Pembunuhan Setren Slogohimo Wonogiri, 1 Orang Pemilik Pekarangan Diamankan

“Sebuah langkah sinergitas dengan instansi terkait penanganan korban kecelakaan lalu lintas secara cepat, yang meliputi proses penanganan korban, pembayaran Jasa Raharja atau BPJS,” kata Kapolres.

Menurut dia diperlukan adanya komitmen bersama dalam mempercepat dan mempermudah layanan tersebut.
Masing-masing instansi mengetahui tugas, sehingga lebih perhatian dan mempercepat pelayanan, ada komitmen sehingga lebih sepaham

“Akan dibentuk posko terpadu di RSUD SMS Wonogiri, dalam posko tersebut ada Jasa Raharja, unit Lakalantas dan BPJS,” jelas dia.

Baca Juga :  Kearifan Lokal Gempa Bumi di Wonogiri, Keluar Rumah Kentongan dan Bedug Masih Lestari

Dengan koordinasi lebih baik dan cepat, ke depan jajarannya akan membuat program berbasis teknologi informasi. Kapolres berujar mengetahui masalah lakalantas perlu perhatian, korban kebanyakan usia produktif, perlu upaya keras dan proses edukasi dan imbauan.

Kapolres menambahkan data lakalantas mengalami penurunan dan naik. Saat pandemi COVID-19 menurun dikarenakan adanya kebijakan stay at home dan pembatasan sosial. Namun data lakalantas dalam beberapa bulan terakhir mengalami kenaikan.

“Kami tidak bisa kerja sendiri dalam penanganan korban lakalantas,” beber dia.

Sementara, Direktur RSUD SMS Wonogiri Setyarini mengatakan acara tersebut merupakan terobosan Polres Wonogiri dengan tujuan mendapatkan pelayanan ketika terjadi lakalantas. Aria

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com