JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Fokus Menangi Pileg, DPC PDIP Karanganyar Buka Pendaftaran Bacaleg Internal dan EksternalĀ  Mulai Maret-Juli

Ketua DPC PDIP Karanganyar, Bagus Selo / Foto: Beni Indra
Ā Ā Ā 
Ketua DPC PDIP Karanganyar, Bagus Selo / Foto: Beni Indra

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM -Guna mengejar target menang dalam kontestasi Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024, DPC PDIP Karanganyar membuka lowongan pendaftaran sebagai Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) secara terbuka.

Pendaftaran dibuka mulai Kamis (18/3/2021) hingga akhir Juli 2021. Sementara bulanĀ  Agustus merupakan pengumuman Bacaleg resmi yang akan diajukan ke DPD I PDIP Provinsi Jateng.

Adapun komposisinya BacalegĀ  diutamakan dari internal partai dengan porsi sekitar 85 persen,Ā  sisanya Bacaleg dari eksternal maksimal 15 persen.

“Namun keputusan finalnya ada di DPP PDIP

yang memberikan persetujuan,” ujarĀ  Ketua DPC PDIP Kabupaten Karanganyar, Bagus Selo.

Bagus mengatakan, pengajuanĀ  jadwal rekruitmen Bacaleg tersebutĀ  merupakan instruksi dari DPD I PDIP Provinsi Jateng terkait target kemenangan Pileg nasional.

” Harapannya persiapan Bacaleg memang dilakukan jauh hari karena selanjutnya Bacaleg yang direkomendasi atau dipilih tersebut akan ditarget jadi alias terpilih saat Pileg, sehingga harus dipersiapkan sejak sekarang juga,” tandasnya, Kamis (18/3/2021) di Kantor DPC PDIP Karanganyar.

Untuk itulah, lanjut Bagus Selo, rekruitmen Bacaleg menghadapi Pileg 2024 sangat ketat danĀ  selektif, berbeda dengan sistem sebelumnya.

Dan pada reruitmen Bacaleg ini dibuka kesempatan bagi warga diluar PDIP yang akan maju menjadi Caleg PDIP.

Dengan dibukanya lowongan eksternal tersebut,Ā  diharapkan dapat mendorongĀ  para tokoh potensial bisa maju lewat PDIP.

Hanya saja untuk Bacaleg eksternal ada syarat khusus termasuk harus masukĀ  menjadi anggota PDIP dan membuat KTA PDIP.

Adapun mekanisme dan aturan secara umum sama baik Bacaleg internal ataupun eksternal yakni berjiwa Pancasila dan memegang teguh prinsip setia pada NKRI. Loyal terhadap ideologi bangsa dan PDIP serta sanggup membesarkan partai dan lain sebagainya.

Selain itu disyaratkan mutlak baik Bacaleg internal dan eksternal harus memiliki dedikasi yang baik karena dedikasi menentukan profil seseorang dimata masyarakat atau pemilih.

Menurut Bagus Selo, untuk tahap awal pendaftaran diprioritaskan pendaftaran yang pertama adalah bagi kader dan anggota PDIP terutama pengurus serta anggota dewan dari PDIP karena loyalitasnya teruji dan kinerjanya terbukti.

Selanjutnya disusul pengurus, kader dan anggota, baru setelah itu tahap selanjutnya dibuka pendaftaran Bacaleg untuk eksternal.

“Urutan tahapan pendaftaran seperti itu, namun kesemuanya nanti yang berhak memutuskan adalah DPD I PDIP Provinsi Jateng baik siapa yang lolos baik dari unsur internal dan eksternal,” ungkapnya.

Hasil final akan diketahui akhir Agustus 2021. Karena itulahĀ  kalender pendaftaran sampai akhir Juli sehingga panitia masih melakukan seleksi satu bulan. Beni Indra

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com