JOGLOSEMARNEWS.COM Netizen

Jangan Ditiru, 2 Perempuan Boncengan Naik Motor Tanpa Helm dan Masker, Diperingatkan Lewat Pengeras Suara Tetap Cuek dan Malah Terobos Lampu Merah. Petugas ATCS: Loh, Mbak

Ilustrasi dua perempuan berboncengan sepeda motor melanggar aturan lalu lintas dengan tidak mengenakan helm, tanpa masker, dan makan sambil berkendara. Foto/IG

JOGLOSEMARNEWS.COM Perbuatan dua perempuan yang berboncengan mengendarai sebuah sepeda motor ini sangat tidak patut untuk ditiru. Pasalnya, mereka menaiki motor tanpa mengenakan helm dan juga mengabaikan protokol kesehatan dengan tidak memakai masker.

Tak cukup sampai di situ, keduanya juga kedapatan makan camilan sambil berkendara dan saat diperingatkan justru abai dan malah melanggar lampu rambu lalu lintas.

Aksi pelanggaran yang dilakukan dua perempuan itu terekam kamera pengawas atau CCTV milik Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri yang kemudian diunggah melalui akun Instagram @dishub_kab.kediri, pada Selasa (16/3/2021) lalu.

Dalam video tersebut terekam jelas dua perempuan yang mengendarai sebuah motor matik berwarna merah putih berhenti di Simpang Tiga Katang pada Selasa (16/3/2021) pukul 17.43 WIB. Tampak keduanya tidak mengenakan helm dan tanpa memakai masker, serta makan sambil berkendara.

Melihat adanya pelanggaran tersebut, petugas ATCS (Area Traffic Control System) pun mengingatkan melalui pengeras suara yang terpasang di persimpangan tersebut.

“Selamat sore, kami Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri, mengimbau bagi pengendara motor Honda Beat warna merah putih nopol AG 5479 JX dua orang wanita, dimohon untuk mengenakan helm dan masker saat berkendara demi keselamatan kalian. Dan jangan makan saat berkendara.”

“Mari kita ikuti protokol kesehatan dan tertib berlalu lintas bersama demi keselamatan,” ujar petugas seperti terdengar dalam rekaman video yang diunggah.

Namun alih-alih mentaati peringatan yang disampaikan, dua perempuan tersebut justru terlihat tak acuh. Bahkan setelah diperingatkan mereka justru menerobos lampu rambu lalu lintas yang masih menyala merah.

Melihat aksi pengendara sepeda motor itu, petugas ATCS pun terdengar kaget. “Loh mbak, malah menerobos lampu merah,” ujar petugas.

Sementara dalam unggahannya di akun Instagram, disebutkan tujuan mengunggah video tersebut adalah sebagai pengingat bagi pengguna jalan lain agar tidak mencontoh tindakan pelanggaran yang dilakukan.

“Yuk mulai sekarang biasakan menggunakan masker dan taati peraturan lalu lintas. Keluarga menunggu di rumah.. Jagalah keselamatan dan kesehatan diri sendiri dan orang lain. Maskermu menyelamatkanku. Maskerku menyelamatkanmu,” tulis keterangan dalam unggahan video di Instagram.

Sementara itu, netizen turut mengomentari tindakan tak terpuji dua perempuan dalam video. Unggahan video tersebut telah mendapat lebih dari 100 komentar netizen dan diputar sebanyak lebih dari 5 ribu kali.