JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Hasan Mulachela,  dari Jalur  Politik Menjadi  Penolong Sesama yang Menderita

Habib Hasan Mulachela / tribunnews
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM –  Siapa tak kenal dengan Hasan Mulachela. Beliau yang juga seorang pengusaha  mulai  menempuh jalur politik sejak era Orde Baru (Orba) yang silam, dengan kendaraan politik Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Setelah lama tak lagi berkecimpung lagi di dunia politik, belakangan Hasan Mulachela beralih menjadi sosok pembela masyarakat yang tersingkirkan dan penolong sesama.

Hampir setiap kegiatan yang beliau lakukan  lebih dekat dengan aksi sosial kemasyarakatan.  Meski jiwa keislamannya kuat, namun hal itu tidak mengahalangi dirinya berbuat kebaikan untuk sesama manusia, termasuk dari kalangan non muslim.

Oleh karena kegiatannya yang lekat dengan misi-misi kemanusiaan itulah, tak heran beliau sering disapa dengan sebutan Habib Hasan Milachela.

Bukan hanya berbicara, beliau nyata-nyata telah memberikan  contoh toleransi antarumat beragama di Solo.

Contohnya, pada Natal 2020 lalu, Habib Hasan berbagi Sembako kepada umat Kristiani yang kekurangan di  Kampung Debegan RT 1 RW 3 Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres Solo, Kamis (24/12/2020).

Hal itu dilakukan karena saat hari raya Idul Fitri mendapatkan hadiah dari umat nonmuslim.

“Kebetulan besok natal, saya berbagi dengan umat non-muslim. Saya sendiri merasakan setiap Idul Fitri saya dapat hadiah dari teman non-muslim,” katanya, Kamis (24/12/2020).

Habib Hasan kelahiran asli Solo 7 Juli 1957. Dulunya dia anggota DPRD Solo dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Baca Juga :  Dipinang Gerindra Jadi Kandidat di Pilkada Solo, Astrid Widayani Tetap Abdikan Diri untuk Sosial Kemasyarakatan

Bahkan pada November 2020, aksinya berbagi uang dan beras di jalanan Solo sempat viral di media sosial.

“Saya gak pernah berpikir untuk viral karena tiap bulan selalu memberikan beras 2 – 3 ton ke lingkungan sekitar. Saya sudah tahunan melakukannya,” ujar Habib Hasan Mulachela dikutip dari Tribun Jakarta.

Lebih lanjut, Habib Hasan Mulachela mengaku tak mengetahui mengenai video aksinya yang beredar tersebut.

“Saya gak tahu siapa yang merekam,” aku Habib Hasan Mulachela.

Habib Hasan Mulachela, pengusaha asal Solo ini, datang dengan mobil sport miliknya. Seperti biasa, pengusaha yang dijuluki crazy rich Surakarta ini membawa banyak karung beras. Habib Hasan memang dikenal sering membagikan beras dan uang kepada warga yang dinilai membutuhkan.

Pembagian uang dan beras kala itu dilakukan untuk memperingati maulid Nabi Muhammad.

Habib Hasan menjelaskan, saat ini tidak ada salahnya ikut membantu meringankan beban umat nonmuslim yang tidak mampu.

Habib Hasan mengatakan, manusia itu sama-sama makhluk Tuhan. Jadi, tidak ada salahnya saling berbagi.

Apalagi, menurut dia, saat ini masih Pandemi Covid-19, mereka butuh bantuan untuk meneruskan hidup.

“Saya beri beras dan uang untuk menyambung hidup,” ungkapnya.

Dia berharap, seluruh umat nonmuslim bisa merayakan natal dengan lancar dan tenang, serta selalu patuh protokol kesehatan.

Baca Juga :  Catering di Solo Kena Tipu Hampir Rp 1 Miliar, Makanan Sempat Diantar ke Masjid Sheikh Zayed untuk Sahur Bersama

Tampak, warga nonmuslim yang mendapat beras dan uang tersenyum dan mengucapkan terima kasih.

Peduli warga tak mampu

Habib Hasan menyatakan, ia membagikan sedekah tersebut hingga ke pelosok kampung sehingga mengetahui bagaimana kehidupan penerima sumbangan.

“Mereka tidak bekerja (saat ini) karena diberhentikan, tukang becak hanya tidur setiap hari. Apa yang mereka bawa pulang? Saya terenyuh, saya gak takut sama corona. Akan saya hadapi, toh Pemerintah menganjurkan pakai masker dan saya ikuti,” papar Habib Hasan Mulachela.

Habib Hasan mengatakan, apa yang dia lakukan merupakan kewajibannya sebagai hartawan. Dia mengaku merasa kasihan kepada rakyat kecil.

“Selama saya di rumah terus, saya merasa harus berbagi. Saya merasa mampu, sebagian harta saya harus dibagikan kepada mereka, saya kasihan mereka. Mereka susah mengayun becak untuk memberikan makanan kepada keluarganya. Tapi mereka tidak ada dapat apa apa selama ini tidak ada kompensasi (dari pemerintah),” ujar Habib Hasan.

Dia berharap apa yang dia lakukan bisa diikuti oleh pengusaha yang lainnya guna membantu kesulitan ekonomi setelah adanya ancaman wabah corona.

Kini, sosok penolong sesama yang baik hati tersebut telah berpulang. Semoga amal baik Sang Habib menjadi contoh dan teladan bagi umat manusia.

Selamat jalan Habib Hasan…. Tribunnews/suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com