JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Kabar Gembira, Kasus Covid-19 Menurun, Museum Purbalaka Dayu Karanganyar Bakal Segera Dibuka. Pedagang Curhat Pengunjung Sepi Nyenyet Selama Pandemi!

Titis Sri Jawoto. Foto/Beni Indra
   

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM
Menyusul semakin menurunnya kasus Covid-19, museum purbakala yang berada di Desa Dayu Kecamatan Gondangrejo Karanganyar, dalam waktu dekat segera dibuka.

Saat ini, seluruh persiapan pembukaan museum manusia purba tersebut mulai dilakukan.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Kabupaten Karanganyar, Titis Sri Jawoto, Selasa (16/03/2021).

Titis mengayama pola penanganan yang mapan serta gencarnya sosialisasi dan vaksinasi yang dilakukan serta penerapan PPKM tahap satu dan dua serta PPKM skala mikro, berdampak kepada menurunnya jumlah kasus Covid-19 di Karanganyar.

Berdasarkan pertimbangan tersebut, museum Dayu akhirnya mendesak untuk segera dibuka untuk umum.

“Prinsipnya setiap saat kita siap untuk membuka museum Dayu ini. Persiapan sudah mulai. Dari tata ruang, sarana dan prasarana, serta protokol kesehatan kita paling siap,” paparnya.

Titis menguraikan selama ini yang menjadi perhatiian utama adalah sebagian objek yang berada dilokasi tertutup. Dengan kondisi tersebut, pihaknya telah menyiapkan standart operasional prosedur (SOP) terhadap objek yang berada di ruang tertutup tersebut.

“Sebagian objeknya tertutup, itu yang kita waspadai. Dengan kondisi itu, kita siapkan SOP bagi pengunjung,” urainya.

Ditambahkan, pihaknya juga akan melakukan penataan ulang terhadap para pedagang.

Sebagian lokasi parkir, ungkapnya akan dimanfaatkan untuk lokasi berjualan para pedagang.

Di sisi lain, rencana pembukaan museum tersebut mendapat tanggapan dari sejumlah pedagang. Pariyem (55) salah satu penjual nasi soto mengaku selama pandemi Covid-19, hampir seluruh pedagang yang berada di sekitar lokasi museum tidak dapat menjajakan barang dagangannya akibat sepinya pengunjung museum.

“Malah kebeneran dibuka. Sudah setahun tidak dapat bekerja. Tidak ada pemasukan. Sebenarnya kami mencoba buka, tapi tidak ada pengunjung. Yang beli hanya orang lewat. Kami bersyukur jika memang museum ini dibuka kembali,” katanya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com