JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Kotak Hitam Perekam Suara Kokpit Sriwijaya Air SJ182 Ditemukan, Berselang Hampir 3 Bulan Pascakecelakaan

Black box atau kotak hitam pesawat Sriwijaya Air SJ182. Foto: Tempo.co


JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Kotak hitam perekam suara ruang kokpit atau CVR milik pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh di perairan Kepulaua Seribu pada awal Januari lalu akhirnya ditemukan. Kotak hitam tersebut ditemukan pada Selasa (30/3/2021) malam.

“Alhamdulillah, semalam jam 20.00 WIB ditemukan di tempat yang tidak jauh dari ditemukannya FDR (flight data recorder). Kita sudah laporkan ke presiden dan kami laporkan juga untuk diberikan ke KNKT agar dilakukan tindak lanjut,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dalam konferensi pers virtual dari Dermaga JICT, Tanjung Priok, Rabu (31/3/2021).

Baca Juga :  Menko Airlangga: Presidensi G20 Jadikan Indonesia Role Model Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi

Sebagaimana diketahui, pesawat Sriwijaya Air Boeing 737-500 SJ182 mengalami kecelakaan dan jatuh di perairan Kepulauan Seirbu, dekat Pulau Laki, pada 9 Januari 2021. Pesawat tersebut jatuh usia hilang kontak pukul 14.40 WIB, saat dalam penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta dengan tujuan Bandara Supadio, Pontianak.

Meski ditemukannya kotak hitam CVR itu berselang hampir tiga bulan pascakecelakaan, Budi Karya berterima kasih kepada semua pihak yang telah ikut terus dalam pencarian dan pemantauan.

Advertisement
Baca Juga :  Kunjungi Pekalongan, Menko Airlangga Berikan Bantuan 1 Ton Telur untuk Para Santri

Lebih lanjut, disampaikan Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono, penemuan kotak hitam tersebut setelah dilakukan pencarian menggunakan kapal pengeruk lumpur, TSHD King Arthur 8 di area sekitar titik jatuhnya pesawat.

Sebelumnya, kotak hitam perekam data penerbangan atau FDR sudah lebih dulu ditemukan pada Januari lalu di tengah proses evakuasi yang dilakukan bersama Tim SAR. Bagian dari kotak hitam CVR, berupa baterai serta casing juga telah ditemukan sebelumnya.

Halaman:  
« 1 2 Selanjutnya › » Semua