JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Pelantikan Komisioner KPID Jateng Menunggu Kepastian dari Gubernur

Ketua Komisi A DPRD Jateng Mohammad Saleh saat proses pemilihan komisioner KPID beberapa waktu lalu. (Foto : Dok Humas DPRD Jateng).


 

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM —Proses seleksi calon anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah periode 2021-2024 telah rampung sejak akhir Januari lalu. Namun hingga kini, tujuh komisioner KPID baru yang telah terpilih belum juga dilantik oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Berkas pemilihan tujuh komisioner KPID sudah diserahkan DPR Jateng kepada Gubernur Jateng sejak akhir Januari untuk segera dilantik. Namun, lebih dari sebulan setelah proses itu, belum ada juga kepastian tentang waktu pelantikan tersebut.

Komisi A DPRD Jawa Tengah selaku lembaga yang melakukan fit and propers test dan pemilihan tujuh anggota komisioner pun mengakui belum tahu kepastian pelantikan tersebut. Komisi A juga menunggu kebijakan gubernur.

Ketua Komisi A DPRD Jawa Tengah, Mohammad Saleh mengaku hingga kini belum tahu kapan jadwal pelantikan tersebut akan dilakukan.  “Belum tahu jadwalnya (pelantikan) kapan. Itu ada di Pak Gubernur, tergantung Pak Gubernur,” kata Saleh saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (9/3/2021).

Baca Juga :  Konvoi Hendak Tawuran, Puluhan Pendekar PSHT Karanganyar Ditangkap Polisi

Ketika ditanya mengenai apakah ada proses lain yang harus dilalui oleh para anggota KPID baru, atau apa sebab lain sehingga belum kunjung dilantik, Soleh enggan menjawab lebih lanjut. Mengingat persoalan pelantikan ada di ranah eksekutif.

“Bisa komunikasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jawa Tengah. Karena proses dari DPRD sudah selesai,” jelasnya.

Saleh menambahkan, aktifitas terkait tugas-tugas KPID juga harus terus jalan dan tidak bleh terganggu.  Salah satunya yakni proses  ASO (analog switch off), perpindahan ke televisi digital. “Nggak boleh terganggu, misalnya ASO targetnya kan masih 2022. Jadi, masih ada waktu persiapan,” tandas dia.(ASA)