JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Ternyata ini To Penyebab Underpass Makamhaji Kartasura Sukoharjo Kerap Rusak, Katanya Gegara Air Hingga Kendaraan Berat

Sejumlah warga membantu melakukan pengaturan jalan saat terjadi peristiwa truuk berwarna merah terguling di ruas jalan Underpass, Makamhaji Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Sabtu (12/12/2020) malam. Foto : Istimewa
   

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM Underpass Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, terutama di bagian gril saluran kerap rusak. Terungkap penyebabnya ternyata lantaran beragam faktor.

Bupati Sukoharjo Etik Suryani, Kamis (18/3/2021), mengatakan Pemkab Sukoharjo pada prinsipnya siap menerima pelimpahan kewenangan pengelolaan Underpass Makamhaji dari pusat. Hanya saja saat dialihkan, Underpass Makamhaji sudah dalam kondisi baik.

Bupati menyebut sejumlah kerusaka ada di underpass Makamhaji. Misalnya harus gril saluran hingga pompa penyedot air berfungsi optimal.

Baca Juga :  Sukseskan Program 1 Juta Rumah Pemprov Jateng, Blesscon Bangun Rumah Warga di Sukoharjo

Menurut dia, kerusakan salah satunya lantaran ada sumber air di sekitar Underpass Makamhaji. Air dari sumber tersebut kerap sampai mengalir ke jalan. Terlebih secara kontur memang jalan bagi kendaraan non kereta api berada di bagian bawah underpass hingga menyerupai cekungan.

Selain sumber air, disinyalir kerusakan dipicu juga kendaraan berat yang melintas.

“Selain sumber air, kerusakan jalan juga karena banyaknya kendaraan berat melebihi tonase yang melintas,” kata dia.

Baca Juga :  Sukseskan Program 1 Juta Rumah Pemprov Jateng, Blesscon Bangun Rumah Warga di Sukoharjo

Pihaknya lantas meminta Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo menertibkan kendaraan berat melebihi tonase. Rencananya kendaraan jenis itu diusahakan tidak melewati Underpass Makamhaji.

“Lampu penerangan jalan juga perlu ditambah,” ujar dia.

Plt Kepala Dishub Toni Sri Buntoro menerangkan perbaikan Underpass Makamhaji dilakukan Ditjen Perkeretaapian Kemenhub. Pasalnya sampai saat ini kewenangan ada di Ditjen. Soal waktu perbaikan juga ada di tangan pusat. Aria

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com