JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Terungkap, 2 Kasus Positif Virus Corona Varian B117 di Indonesia adalah Pekerja Migran Asal Karawang yang Pulang dari Arab Saudi Karawang. Keduanya Dirawat Akhir Januari 2021 dan Sudah Sembuh

Ilustrasi positif corona. Pixabay
   

KARAWANG, JOGLOSEMARNEWS.COM Dua kasus positif virus corona dengan strain B117 asal Inggris yang diumumkan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono, pada Selasa (2/3/2021) akhirnya terungkap.

Keduanya merupakan kasus positif Covid-19 yang terjadi di Karawang, Jawa Barat, dan berasal dari pekerja migran Indonesia yang pulang ke Tanah Air akhir Januari 2021 lalu.

“Pertama adalah M (41) asal Kecamatan Lemahabang dan kedua adalah A, asal Kecamatan Pedes. Keduanya merupakan pekerja migran Indonesia yang pulang dari Arab Saudi,” ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Karawang, Fitra Hergyana, seperti dikutip Tribunnews dari TribunJabar.id, Rabu (3/3/2021).

Fitra menambahkan, A pulang dari Arab Saudi pada 28 Januari 2021 lalu, sementara M kembali ke Tanah Air pada 31 Januari 2021. Saat tiba di Indonesia, keduanya dinyatakan positif Covid-19 dan dirawat di Pademangan.

Baca Juga :  Di MK Banjir Amicus Curiae, di Kawasan Patung Kuda Banjir Massa Berunjuk Rasa, Kubu Prabowo-Gibran Batalkan Aksi

Namun, tegas Fitra, keduanya saat ini sudah dinyatakan negatif dan telah diperbolehkan pulang ke Karawang.

“Kemudian Kemenkes mengambil sampel untuk dilakukan whole genome sequencing-nya dan hasilnya baru kemarin keluar dan ternyata merupakan virus varian B117 asal Inggris,” jelas Fitra sembari menambahkan bahwa virus corona B117 tersebut telah mati.

Sebelumnya diberitakan, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengumumkan telah ada temuan dua kasus positif Covid-19 yang disebabkan varian baru virus corona hasil mutasi asal Inggris yang disebut B117.

Baca Juga :  Jokowi Dikabarkan Telepon Hakim MK Tanyakan Hasil Putusan Sengketa Pilpres, Ini Penjelasan MK

“Tadi malam saya mendapat informasi, bahwa tepat satu tahun (kasus pertama Covid-19 ada di Indonesia) hari ini, kita menemukan mutasi B117 UK mutation di Indonesia. Baru tadi malam ditemukan dua kasus,” kata Dante dalam acara Kementerian Riset dan Teknologi, yang disiarkan secara daring via YouTube, Selasa (2/3/2021).

Awalnya, pemerintah telah mengecek dari 462 kasus di seluruh Indonesia yang berpotensi merupakan kasus mutasi virus Covid, dalam beberapa bulan terakhir. Hasilnya, ditemukan dua kasus.

Mutasi dari Virus SARS-CoV-2 ini awalnya ditemukan di New South Wales. Belakangan, mutasi serupa ditemukan di beberapa negara Eropa lain dan di Australia.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com