JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

TMMD Reguler ke 110 di Dusun Gemawang Desa Brenggolo Kecamatan Jatiroto Wonogiri Dimulai, Puluhan Proyek Fisik dan Non Fisik Dikebut Totalitas Warga Diapresiasi

Pembukaan TMMD Reguler ke-110 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Selasa (2/3/2021). JSNews. Aris Arianto
Pembukaan TMMD Reguler ke-110 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Selasa (2/3/2021). JSNews. Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-110 di Dusun Gemawang, Desa Brenggolo, Kecamatan Jatiroto, Wonogiri resmi dimulai, Selasa (2/3/2021).

Puluhan proyek fisik maupun non fisik bakal dikerjakan dalam program tersebut. Sebagian di antaranya bahkan sudah mulai digarap sebagai kegiatan pra TMMD, malah ada yang progres pembangunannya hingga saat pembukaan mencapai lebih dari 50 persen.

Hal yang tak kalah menarik adalah antusiasme warga sekitar lokasi. Mereka tulus ikhlas turut menyukseskan program TMMD Reguler ke 110. Selain membantu tenaga dan material, warga juga mengikhlaskan ratusan meter tanah pertanian mereka untuk fasilitas umum.

“TMMD kali ini melibatkan seluruh jajaran Kodam IV Dipenogoro dan Polri. Untuk anggaran bersumber dari APBD provinsi dan APBD kabupaten juga dari swadaya masyarakat,” ungkap Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf Imron Masyhadi sesaat setelah membuka TMMD Reguler ke 110 tahun 2021 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Selasa (2/3).

Baca Juga :  Uang 4 Miliar Raib Tak Berbekas, Kemana Aliran Dana Kasus Dugaan Korupsi BUMDes Lenggarbujogiri Girimarto Wonogiri?

Secara terang-terangan pihaknya sangat mengapresiasi dan menghargai totalitas dukungan masyarakat Desa Brenggolo dalam menyukseskan TMMD. Sejumlah warga merelakan lahan pertaniannya untuk pelebaran jalan.

“Terus terang ini yang membuat saya haru. Ada sembilan warga setempat yang merelakan lahan pertaniannya diiris untuk pelebaran jalan. Masing-masing warga memberikan 200 meter tanah mereka dijadikan jalan baru,” ujar Dandim.

Jalan yang awalnya hanya setapak kini bakal dilebarkan menjadi empat meter. Dengan adanya jalan baru yang dibuka, maka akses dari Dusun Gemawang menuju Desa Pakis Baru, Pacitan, Jatim terhubung.

Baca Juga :  5 Warga Wonogiri Meninggal Karena DBD, Ternyata Gegara Dipicu Hal ini

Dalam TMMD reguler ini, tutur dia, difokuskan pada 26 sasaran fisik dan non fisik. Proyek fisik di antaranya berupa penyiapan badan jalan, drainase, jembatan, gorong-gorong, rabat jalan, dan pembangunan dua unit poskamling serta proyek fisik lainnya. Sementara proyek non fisik berupa penyuluhan dan sosialisasi untuk meningkatkan kualitas masyarakat di bidang kesehatan, pendidikan, wirausaha dan pembentukan karakter bela negara.

Lantaran banyaknya sasaran, kata Dandim Wonogiri, kegiatan itu diawali dengan Pra TMMD. Dengan harapan, dalam waktu satu bulan ini kegiatan TMMD sudah clear semua.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua