JOGLOSEMARNEWS.COM Wisata Kuliner

Wedang Uwuh, Banyak Khasiat dan Gampang Cara Buatnya

Wedang Uwuh dan Bir Peltok. Tempo.co
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Wedang uwuh merupakan minuman tradisional yang terdiri dari berbagai macam rempah. Disebut wedang uwuh karena penampakan sajian wedang uwuh terlihat dari berbagai macam rempah.

Seduhan rempah ini telah ada sejak zaman kerajaan di pulau jawa. Dalam bahasa Jawa, wedang artinya minuman. Sedangkan uwuh berarti sampah. Wedang uwuh berarti minuman sampah.

Adapun bahan yang diperlukan saat buat wedang uwuh yaitu jahe, pala, serai, kapulaga, dan gula batu atau gula pasir kayu secang, cengkeh dan kayu manis.

Cara membuatnya mudah, pertama cuci bersih semua bahan, lalu tiriskan. Selanjutnya bakar jahe lalu geprek hingga pipih, atau cukup diiris bersama sereh. Selama mempersiapkan bahan, rebus air.

Setelah mendidih tambahkan kayu manis, pala, secang,cengkeh dan kapulaga. Aduk sebentar hingga sarinya keluar. Tunggu hingga warna ainya jadi kemerahan. Lalu angkat dan saring.

Agar wedang uwuh rasanya lebih nikmat, tambahkan pemanis seperti gula aren atau madu. Boleh juga ditambahkan perasan jeruk nipis. Sajikan dalam gelas.

Ditambahkan dengan es juga nikmat. Pun dapat diawetkan tiga sampai lima hari dalam lemari es. Wedang uwuh ini, baik disajikan saat cuaca hujan untuk menambah kehangatan tubuh. Silahkan mencoba dan rasakan khasiatnya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com