JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Astaga Pandemi Melanda, Ada 2.049 Istri di Karanganyar Kini Berubah Jadi Janda. Yang Cerai Tapi Status KTP Masih Menikah, Sekarang Dipermudah!

Ilustrasi cerai

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Angka perceraian di wilayah Karanganyar dalam kurun setahun terakhir cukup tinggi. Tercatat 2.049 istri di Bumi Intanpari terpaksa harus menerima nasib menjadi janda setelah resmi bercerai dengan suaminya sejak 2020.

Data itu terungkap dari catatan di Pengadilan Agama (PA) Karanganyar. Panitera Muda Hukum PA Karanganyar, Koriza Triahany mengatakan tingkat perceraian di wilayah Karanganyar masih terhitung tinggi.

Baca Juga :  Surprise Lur!  Pendapa Rumah Dinas Kabupaten Karanganyar Akan Disulap Menjadi Joglo Megah Berbentuk Makutha  RM Said

Pada 2020 tercatat sebanyak 1.630 permohonan cerai dikabulkan. Tahun 2020 juga menjadi momentum awal pandemi covid-19 melanda.

Sedangkan mulai Januari 2021 sampai Maret tercatat sudah 419 permohonan cerai dikabulkan. Sehingga selama 15 bulan terakhir, sudah ada 2.049 rumah tangga di Karanganyar yang berakhir dengan status janda dan duda.

“Setahun rata-rata menerbitkan sampai 2.000 akta. Yakni dispensasi nikah, perceraian, gugat dan talak serta poligami dan waris,” paparnya kepada wartawan, Rabu (28/4/2021).

Baca Juga :  Di Mata Politisi, Sosok Alm Tjahjo Kumolo Dikenal Low Profil, Pegang Komitmen Persahabatan. Almarhum Berikan Kenangan Dua Keris   untuk Paryono

Mengenai kerjasama pengurusan pergantian status cerai di KTP dengan Disdukcapil, ia memerintahkan petugas pendaftaran meminta KTP dan KK asli.

Baru kemudian dokumen itu dikembalikan dengan status sudah berganti saat turun putusan cerai dari pengadilan agama.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua