JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Angka Kematian Akibat Covid-19 Terus Naik, Jateng Mendominasi

Ilustrasi pemeriksaan virus corona atau covid-19. Foto: Pixabay
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Provinsi Jawa Tengah menyumbang kenaikan jumlah kematian akibat Covid-19 terbesar dibanding beberapa provinsi lainnya. Hal itu diungkapkan oleh Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, menanggapi perkembangan jumlah kasus pasien meninggal yang terus bertambah.

Perkembangan pada pekan ini, ujar Wiku, kenaikannya mencapai 29,2 persen.

Paaling tidak, angka kematian tersebut dikontribusikan oleh lima provinsi. Yakni, Provinsi Jawa Tengah yang naik 178 kasus (dari 125 jadi 303), Sumatera Selatan naik 25 kasus (29 jadi 54), DKI Jakarta naik 20 kasus (75 jadi 95), Jawa Barat naik 18 kasus (130 jadi 148) dan Aceh naik 15 kasus (5 jadi 20).

Baca Juga :  Mirip-mirip Gibran, Rencana Pencalonan Bobby di Pilgub Sumut Bisa Picu Ketegangan DPD Golkar Sumut dan DPP?

“Kelima provinsi ini diharapkan segera mengevaluasi penanganannya. Kabupaten/kota yang menyumbangkan angka kematian terbesar harus segera diidentifikasi,” ujar Wiku dalam keterangannya, Selasa (27/4/2021).

Pemerintah daerah setempat diminta segera melakukan perbaikan pada kualitas penanganan pasien positif Covid-19, utamanya pada gejala sedang dan berat.

Upaya testing dan tracing pun harus ditingkatkan untuk mengidentifikasi penularan sejak dini. Pemda setempat juga diminta terus berkoordinasi data antara daerah dan pusat agar dapat tercapai sinkronisasi data yang baik.

Baca Juga :  Megawati Ajukan Diri sebagai  Amicus Curiae Dalam Sengketa Pilpres ke MK, Ini Artinya

Menurut Wiku, kenaikan angka kematian mingguan tidak bisa ditoleransi.

Per 26 April 2021, Satgas Covid-19 mencatat total kasus kematian sebanyak 44.771 kasus atau 2,7 persen dibandingkan rata-rata dunia 2,1 persen.

Angka persentasenya sebesar 2,7 persen ini telah bertahan lebih dari dua bulan atau sejak awal Februari 2021. Sementara persentase kesembuhan dan kasus aktif tercatat cenderung membaik.

“Jadi persentase kematian harusnya dapat diturunkan,” ujar Wiku.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com