JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Awali Bulan Ramadhan, Kodim Karanganyar Bersama Yukata Bagikan 500 Sembako dan 17 Kasur. Veteran Tertua Usia 98 Tahun Anggap Dandim Prigel dan Peduli Terhadap Senior

Para veteran menerima bantuan Sembako dan kasur dari Kodim Karanganyar / Foto: Beni Indra

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Mengawali bulan Ramadhan, Kodim Karanganyar bekerja sama dengan Yayasan Yukata Peduli, membagikan 500 paket Sembako dan 17 kasur busa kepada para veteran dan janda veteran serta kaum duafa, Selasa (13/4/2021).

Para veteran tersebut terlihat antusias menerima bantuan kasur tersebut.

Dandim Karanganyar, Letkol Inf Arif Agung Widyo Wibowo mengatakan, sebagai momentum bulan Ramadhan, pihaknya mengawali berbuat sosial memberikan bantuan pada para veteran, janda veteran serta kaum duafa.

Dipilihnya bulan Ramadhan karena di saat bulan puasa tersebut kebutuhan masyarakat relatif naik, terutama kebutuhan pangan sehingga pihaknya mengupayakan bantuan sebanyak 500 paket.

Selain itu, kerja sama dengan Yayasan Yukata Peduli juga diberikan bantuan sebanyak 17 kasur busa sehingga terasa surprize bagi penerima bantuan.

“Sebagai bentuk kepedulian terhadap para veteran yang merupakan senior pejuang. Maka kami bekerja sama dengan Yukata untuk berpartisipasi memberikan bantuan. Apalagi momentum mengawali bulan Ramadhan sangatlah tepat di saat banyak yang membutuhkan,” tandasnya, Selasa (13/4/2021).

Baca Juga :  Hari H Lebaran,  Polres Karanganyar Sita Dua Unit Mesin Judi Penyedot Uang  Fitrah

Dandim menjelaskan, untuk calon penerima bantuan sengaja diambilkan yang bena-benar sudah tua dan sangat membutuhkan.

Untuk itu sudah dilakukan seleksi oleh tiap Koramil untuk selanjutnya diajukan ke Kodim guna didaftar untuk menerima bantuan.

“Yang paling penting adalah bukan besar kecilnya bantuan tetapi bagaimana kami di Kodim Karanganyar kreatif menginisiasi kerjasama dengan pihak lain hanya untuk memberikan bantuan pada veteran dan duafa,” ungkap Dandim.

Sementara itu Sudiman satu-satunya veteran tertua di Karanganyar yang masih hidup berusia 98 tahun mengaku terharu terhadap Dandim Karanganyar Letkol Inf Arif Agung Widyo Wibowo.

Pasalnya, orang nomor satu di Kodim Karanganyar itu menurutnya cerdas dan  kreatif dalam menggalang kerjasama untuk membantu para duafa.

“Luar biasa Dandim Karanganyar ini prigel (lincah) hanya untuk memikirkan veteran dan duafa. Kharakter Dandim itu cermin kepemimpinannya,” ujarnya sambil berjalan tertatih-tatih dengan tongkat di Makodim Karanganyar, Selasa (13/4/2021).

Baca Juga :  Jelang Lebaran, PAC Pemuda Pancasila Mojogedang, Karanganyar Santuni Kakek Lumpuh Usia 100 Tahun

Sudiman tampak senang mendapatkan bantuan bantuan paket sembako dan kasur, karena dirinya hidup hanya di sebuah perumahan kecil di Jaten, Karanganyar.

Bantuan kasur itu bagi Sudiman sangat berharga karena selama ini kasurnya rusak dan beruntung sekarang mendapat gantinya dari bantuan Kodim.

Senada dengan Sudiman, Sukarno salah seorang veteran yang usianya sudah 86 tahun juga hadir dan menerima bantuan tersebut.

“Dalam hal bantuan seperti ini jangan melihat nilainya. Tapi pemikiran Dandim Letkol Arif Agung Widyo Wibowo mau bergerak, bermitra untuk mendapatkan bantuan itu sudah kontribusi yang mulia. Kalau veteran diperjuangkan, apalagi anggotanya,” tandasnya.

Sukarno bercerita bahwa dirinya merupakan prajurit andal di tim serbu saat ditugaskan di Timor-Timur. Selain itu dirinya juga  ditugaskan saat Indonesia konfrontasi dengan Malaysia tahun 1960-an.

Koordinator Yayasan Yukata Peduli, Iskandar mengatakan turut bangga melihat semangat para veteran penerima bantuan. Pihaknya berharap bantuan tersebut dapat memberikan manfaat. Beni Indra