JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Bonbin Gembira Loka Yogyakarta Hanya Buka Sabtu dan Minggu Selama Ramadan

Suasana pembukaan perdana Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta pada Senin, 3 Agustus 2020. Kebun Binatang Gembira Loka tutup selama 4,5 bulan karena pandemi Covid-19. Tempo.co
   

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Kebun Binatang (Bonbin) Gembira Loka Yogyakarta hanya akan buka selama dua hari dalam sepekan selama bulan Ramadan 2021.

Kebijakan ini akan diberlakukan mulai mulai 13 April hingga 7 Mei 2021, dan beroperasi setiap akhir pekan atau Sabtu dan Minggu.

Manajer Pemasaran Gembira Loka Yosi Hermawan mengatakan keputusan ini diambil berdasarkan evaluasi kunjungan bahwa setiap bulan Ramadan selalu sepi pengunjung.

“Apalagi di tengah Covid-19 seperti sekarang, diperkirakan dari hasil penjualan karcis masuk tidak mencukupi untuk biaya operasional,” ujar Yosi, Senin, 12 April 2021.

Dia menambahkan kebun binatang akan kembali beroperasi secara penuh setiap hari sepekan setelah Lebaran atau mulai 8 Mei 2021.

Meski keputusan terebut telah diambil, menurut Yosi, tak menutup kemungkinan kebijakan bisa diubah di tengah perjalanan. Khususnya bila animo wisatawan yang berkunjung ke kebun binatang itu tinggi.

Baca Juga :  Tak Gubris Peringatan Petugas, 3 Pelajar Pria Asal Madiun Ini Terseret Arus di Pantai Parangtritis

“Kami akan terus evaluasi respon pengunjung seperti apa, yang jelas, untuk saat ini manajemen memutuskan tutup dari Senin hingga Jumat,” kata Yosi.

Berdasarkan manajemen dalam dua-tiga pekan terakhir, tingkat kunjungan ke kebun binatang itu meningkat dibandingkan hari-hari biasa. Saat pandemi Covid-19, jumlah pengunjung pada hari biasa hanya antara 400-500 orang dan saat akhir pekan sekitar 1.500 pengunjung. Tapi pada dua-tiga pekan terakhir untuk harian maupun akhir pekan pada Sabtu dan Minggu terjadi lonjakan kunjungan.

“Tiga minggu terakhir memang jumlah kunjungan luar biasa. Bahkan pada Minggu kemarin mencatat rekor bahwa selama pandemi Covid, sehari itu terjual tiket 3.100 lembar,” kata Yosi.

Baca Juga :  Catat! 5 Kali Kaesang Tegaskan Erina Gudono Tak Maju di Pilkada Sleman 2024

Selama Ramadan, manajemen akan berfokus untuk perbaikan fasilitas persiapan lebaran. “Di masa pandemi ini kami masih prioritas pencegahan Covid,” kata Yosi.

Direktur Utama Gembira Loka KMT.A. Tirtodiprojo menjelaskan di masa pandemi sekarang Gembira Loka yang memiliki lahan seluas 20 hektare maksimal hanya boleh dikunjungi 2.500 orang. “Jumlah kunjungan 2.500 orang itu masih cukup aman untuk jaga jarak antar pengunjung,” kata dia.

Untuk itu, pada saat lebaran yang biasanya ramai pengunjung, jumlah wisatawan yang masuk Gembira Loka akan dibatasi. “Maka kami siapkan penjualan tiket secara online, supaya pengunjung bisa booking lebih dulu,” kata Tirtodiprojo.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com