JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Catat, Ini Titik-titik Penyekatan Untuk Halau Pemudik yang Akan Masuk Wilayah DIY!

Sejumlah warga yang hendak mudik ke kampung halaman, disemprot disinfektan saat akan naik bis di Terminal Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (30/3/2020) / tribunnews
   

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemda DIY tegas melakukan penyekatan untuk menghalau pemudik akan masuk ke wilayah DIY.

Setidaknya, 10 titik penyekatan sudah dipetakan. Di titik-titik itulah bakal ditempatkan petugas yang siap menghalau pemudik Lebaran.

Setidaknya, tiga titik utama yang patut diwaspadai adalah wilayah timur, di jalur Prambanan-Yogyakarta, wilayah barat di perbatasan Temon, Kulon Progo-Purworejo dan sisi Utara di Tempel, Sleman-Magelang.

Jadi, hati-hatilah jika hendak melintas di jalur itu pada rentang 6 hingga 17 Me 2021 mendatang.

Baca Juga :  Bus Terguling di Jalan Imogiri Panggang, 7 Orang Dilarikan ke Rumah Sakit

Koordinator Gugus Tugas DIY Bidang Keamanan dan Penegakan Hukum, Noviar Rahmad mengungkapkan, mengacu arahan pemerintah pusat, sepanjang 6 hingga 17 Mei sebagian moda transportasi tak diperkenankan untuk beroperasi.

Untuk mendukung kebijakan itu, Gugus Tugas bersama Polda DIY akan melakukan penyekatan di sejumlah titik perbatasan untuk menghalau pemudik.

Dikatakan Noviar, di luar tiga jalur utama tersebut, sisanya didirkan penyekatan di sejumlah jalur tikus atau jalur alternatif yang kemungkinan dilintasi pemudik.

“Juga ada jalur alternatif di sekitaran itu misal di Wonosari atau tempat lain yang ada jalur-jalur tikus. Yang tidak boleh masuk dari luar Yogya, untuk Yogyakarta Raya diperbolehkan,” paparnya.

Baca Juga :  4 Hari Usai Jambret Dompet di Sleman, Pria Kulonprogo Ini Dibekuk Polisi

Selain itu, Gugus Tugas juga menginstruksikan kepada satgas Covid-19 di tingkat RT/RW untuk turut serta mengawasi kedatangan pendatang di wilayahnya.

“Satpol PP dan Linmas ikut menjaga di tingkat mikro. Jaga pemudik yang lolos di RT/RW. Pemerintah desa juga diminta mengkarantina mereka yang lolos (di titik perbatasan),” jelasnya.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com