JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Hadeh, PTM di Wonogiri Dikabarkan Dihentikan Gegara 2 Siswa Positif COVID-19, Padahal Fakta ini yang Sesungguhnya Terjadi

Bupati Wonogiri Joko Sutopo. Joglosemarnews.com/Aris Arianto

 

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM
Kepala Sekolah Pengampu SMPN I Wonogiri, Sri Nuryati mengaku menerima kabar terkait penghentian uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) dari kalangan guru lewat salah satu media online. Hal itu juga yang membuat para guru bertanya-tanya.

“Tadi pagi memang ada sebagian guru yang tanya kepada saya, apakah uji coba PTM dihentikan. Tapi saya jawab masih berlangsung, belum ada instruksi. Hari ini di SMP kami juga masih menggelar uji coba,” kata dia, Sabtu (10/4/2021).

Terkait hal itu dengan tegas Bupati Wonogiri Joko Sutopo menampik kabar tentang uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) di Wonogiri dihentikan karena dua siswa positif COVID-19. Pihaknya menegaskan bahwa uji coba PTM di Wonogiri tetap berlangsung meski ada dua sekolah yang ditunda.

Baca Juga :  Mau Gelar Resepsi Usai Lebaran di Wonogiri? Seperti ini Tatacara dan Aturannya Lur

“Jadi perlu diklarifikasi ya. Uji coba PTM merupakan langkah awal membudidayakan hidup baru dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Ketika saat PTM ditemukan kasus positif di suatu sekolah, maka yang ditunda hanya di sekolah itu saja. Tidak semua sekolah diberhentikan uji cobanya,” kata Bupati Joko Sutopo kepada wartawan, di Wonogiri.

Dijelaskan, yang terpapar COVID-19 bukan dua siswa, melainkan satu siswa dan satu guru. Rinciannya, satu siswa SMAN 1 Wonogiri dan guru di SDN 2 Baturetno. Sehingga, terpaksa uji coba PTM di dua sekolah tersebut dihentikan.

Menurut Bupati, tercatat pada hari pertama uji coba PTM, Senin (5/4), siswa itu dinyatakan positif berdasarkan tes cepat antigen. Kemudian pada Senin sore, siswa itu dinyatakan positif COVID-19 berdasarkan tes PCR.

Baca Juga :  Raih Poin Tertinggi, Nairul Khoiriyah Wakili FSRD ISI Surakarta dalam Ajang KKN Kebangsaan di Jambi

“Untuk guru yang dinyatakan positif yakni guru SDN 2 Baturetno. Guru tersebut dinyatakan positif tiga-empat hari sebelum uji coba PTM dilaksanakan,” jelas dia.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, siswa dan guru yang terpapar Corona itu dalam keadaan baik-baik saja. Mereka tidak memiliki penyakit bawaan atau komorbid. Saat ini mereka berdua menjalani isolasi mandiri di rumah.

Seperti diketahui, sekolah yang ditunjuk menggelar uji coba PTM di Wonogiri sebanyak lima SMP, lima SD dan tiga SMA sederajat. Lima SMP itu yakni SMPN 1 Wonogiri, SMPN 1 Eromoko, SMPN 1 Baturetno, SMPN 1 Jatiroto dan SMPN 1 Purwantoro.

Untuk SD yakni SDN 1 Wonogiri, SDN 2 Baturetno, SDN 1 Wuryantoro, SDN 1 Jatisrono dan SDN 2 Purwantoro. Sementara itu, SMA sederajat yakni SMAN 1 Wonogiri, SMKN 1 Wonogiri dan MAN Wonogiri. Aris