JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Isu Reshuffle Makin Menguat, Pengamat: Nadiem Digeser, Tapi Tetap Aman di Kabinet Jokowi

Mendikbud-Ristek Nadiem Makarim. Foto/Tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Isu reshuffle kabinet makin menyeruak, menyusul rencana penggabungan kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek).

Bagaimana reposisi menteri-menteri hasil reshuffle nanti, dan bagaimana nasib Mendikbud Nadiem Makarim? Direktur Eksekutif PARA Syndicate Ari Nurcahyo memprediksi, Nadiem tetap aman di kabinet Jokowi, namun kemungkinan besar bakal digeser ke pos lain.

Ari menilai, Nadiem akan tetap dipertahankan di Kabinet Indonesia Maju. Sebab, jika melihat histori, Nadiem bukan dari partai atau ormas alias murni pilihan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Baca Juga :  Tak Ramah Lingkungan, Benarkah BBM Premium Bakal Dihapus? Ini Tanggapan Pertamina

Posisi Nadiem dinilai cukup kuat untuk tetap dipertahankan. Namun, Ari menilai Nadiem belum cukup mumpuni jika harus menjalankan beban kerja yang bertambah pasca penggabungan dua kementerian.

Advertisement

“Bisa saja beliau di rotasi. Dengan latar belakang beliau di Gojek, cocok menjadi Menteri UKM. Dia bisa mengembangkan digitalisasi UMKM, menaikkan kelas UMKM seperti keinginan Presiden Jokowi,” ujar Ari dalam diskusi daring, Jumat (16/4/2021).

Baca Juga :  Pengamat: Periode Kedua,  Tekanan untuk Presiden Jokowi Makin Kompleks

Sementara Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, yang saat ini menjabat, diprediksi bisa digeser ke Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

“Cocok dengan latar belakang beliau dari LSM juga,” ujarnya.

Jika melihat akomodasi dari perspektif ormas, Ari memprediksi pos Kemendikbud-Ristek akan diisi tokoh dari Muhammadiyah.

“Pos Menteri Agama kan sudah diisi NU, maka Kemendikbud bisa saja diisi Muhammadiyah. Tapi semua tentu tergantung presiden,” ujarnya.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua