JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Mengenal Kurma Ajwa Si Kurma Nabi, Punya Banyak Kandungan yang Baik untuk Kesehatan

Buah kurma. Foto: Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Saat bulan Ramadan buah kurma banyak kita temui di berbagai pusat perdagangan atau di pasar-pasar. Aneka jenis kurma dijajakan oleh pedagang sebagai sajian untuk takjil atau berbuka puasa.

Ada satu jenis kurma yang sering disebut kurma Nabi, yaitu kurma ajwa.

Kurma ajwa diakui sebagai jenis kurma premium yang berasal dari Madinah.

Kurma ini memiliki tekstur yang halus atau lembut saat dimakan, berbentuk bulat dengan tekstur kulit yang halus tetapi mengerut dan merupakan salah satu kurma yang disukai nabi.

Dinamai kurma nabi, hal ini karena kurma ajwa pertama kali ditanam Rasulullah SAW tepatnya di tanah yang bersebelahan Masjid Quba, Madinah.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

Kurma ajwa berasal dari nama seorang anak dari Salman Alfarizi, seorang nasrani yang akhirnya menerapkan agama Islam dan mewakafman kebun kurmanya untuk perjuangan Islam. Sebagai penghargaan dan untuk mengenang jasa-jasanya, Rasulullah akhirnya menamakan kurma yang sering beliau makan tersebut dengan nama kurma ajwa.

Kurma ajwa biasanya dikonsumsi pada tahap kematangan tamar, yaitu ketika kulitnya sudah berwarna cokelat kehitaman.

Kurma ajwa juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik. Sebuah hadis menjelaskan sedikit tentang manfaat kurma ajwa, berikut bunyi hadist tersebut, “Barang siapa mengonsumsi tujuh butir kurma ajwa pada pagi hari, maka hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir” (HR Al- Bukhari dan Muslim).

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

Kurma ajwa kaya protein, vitamin A kaleng C, serat gula, kalsium, natrium, potasium, serta mineral berupa zat besi. Kandungan protein di dalam kurma ajwa dimiliki sekitar 1.8-2.0 persen, gula sebanyak 50 – 70 persen, dan serat sekitar 2.0 – 4.0 persen.

Di Indonesia, kurma ajwa harganya lebih mahal daripada jenis kurma lainnya. Selain itu kandungan yang terdapat di kurma ajwa bersifat monosakarida yang aman untuk penderita diabetes tipe 2.

Kurma ajwa ini diklaim punya manfaat meningkatkan imunitas, menjaga kesehatan jantung, serta baik untuk ibu hamil. Banyak manfaat ini, membuat harga kurma ajwa lebih mahal dari kurma lainnya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com